Wednesday, 19 September 2018

Tujuh Jaksa Nakal di Jateng Kena Sanksi

Selasa, 24 Juli 2012 — 12:57 WIB

SEMARANG ( Pos Kota ) – Melanggar disiplin,tujuh jaksa di Jawa Tengah ditindak . Mereka mendapat sanksi, mulai sanksi rigan hingga berat . Tujuh jaksa yang ditindak itu meliputi , dua jaksa dari Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Sragen , tiga jaksa dari Kejari Purbalingga , satu jaksa dari Kejari Semarang dan sisanya dari Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Jateng .

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi ( Kajati ) Jateng Bambang Waluyo melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum, Eko Suwarni. Disebutkan , tujuh jaksa yang ditindak itu berdasar laporan dan pengaduan dari bulan Januari hingga Juli 2012 . ” Bila dibanding daerah lain, jaksa nakal di Jateng jumlahnya relatih lebih sedikit , kata Eko Suwarni .

Sanksi terhadap ketujuh jaksa itu ditentukan oleh bidang pengawas , tiga jaksa menerima sanksi ringan, tiga lainnya diberi sanksi sedang dan satu jaksa kena sanksi berat. Hanya saja pihak Kejati Jateng tidak bersedia menyebutkan identitas jaksa dan jenis pelanggarannya .

Menurut Eko, sanski ringan atas pelanggaran disiplin itu berupa teguran secara lisan dan tertulis. Sedangkan sanksi sedang berupa penundaan kenaikan gaji dan pangkat selama satu tahun dan penurunan pangkat setingkat dibawahnya selama satu tahun.

Sementara sanksi berat berupa penurunan pangkat setingkat dibawahnya selama tiga tahun, hingga pemecatan dari jabatan jaksa. Sanki berat juga mengancam pemberhentian dengan hormat tidak atas kehendak yang bersangkutan, serta pencabutan status Pegawai Negeri Sipil (PNS). ( Suatmadji ) .

Foto Ilustrasi