Wednesday, 19 September 2018

Pemilukada Bekasi, Partai Demokrat Belum Tentukan Sikap

Rabu, 25 Juli 2012 — 13:27 WIB

BEKASI (Pos Kota) – Partai Demokrat Kota Bekasi belum menentukan siapa bakal calon walikota Bekasi pada Pemilukada mendatang. Partai ini juga belum mengumumkan ada tidaknya koalisi dengan partai lain.

“Saat ini Partai Demokrat sedang melakukan survei, jadi sebelum hasil survei tersebut selesai maka belum ada sikap politik apapun terkait dengan Pilkada,” kata anggota tim penjaringan DPC Partai Demokrat Kota Bekasi, Haeri Parani.

Menurutnya, Partai Demokrat menggunakan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) yang akan melakukan survei selama sepuluh hari terhitung sejak awal pekan lalu. Survei tersebut, kata dia, akan mengukur tingkat popularitas dan elektabilitas 13 kandidat yang berhasil dijaring oleh Partai Demokrat.

“Selain itu juga akan dilakukan simulasi pasangan calon yang berasal dari partai lain. Ini akan digunakan sebagai bahan rujukan menentukan arah koalisi,” tambahnya.

Dikatakan Haeri, Partai Demokrat juga belum memutuskan jika nantinya berkoalisi dengan partai lain apakah akan mengambil posisi walikota (B1) atau wakil walikota (B2). Menurutnya, keputusan tersebut akan diserahkan sepenuhnya ke DPP Partai.

“Kita tunggu hasil surveinya, sesuai jadwal tanggal 1 Agustus LSI akan memberikan paparannya. Paling sekitar tanggal 2-3 keputusan partai akan keluar,” paparnya.

Partai Demokrat sendiri saat ini masih menjadi incaran partai-partai besar lainnya, krisis figur di internal partai tersebut membuat Partai Golkar hendak meminang Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Bekasi, Sodikin, untuk menjadi wakil Walikota mendampingi Rahmat Effendi.

Selain itu, Partai Demokrat juga dilirik PKS, dengan menduetkan Awing Asmawi dan Ahmad Syaikhu. Disisi lain, ketua DPC Partai Demokrat, Andi Zabidi, memberikan angin kepada PDI Perjuangan untuk berkoalisi.

Partai Demokrat sendiri berhasil menjaring 13 nama calon walikota/wakil walikota Bekasi, mereka adalah ; Awing Asmawi Ketua Fraksi Demokrat Jawa Barat, Ratu Tatu Sukarsih Anggota DPRD Kota Bekasi, Achmad Zulnaini Dirut PDAM Tirta Patriot, Ayuni Mirlina Ketua Bapilu Partai Demokrat, Qomarudin Ketua MWC NU Bekasi Utara, Muhamad Pariyo Sekretaris Dewan Parkar DPC Partai Demokrat Kota Bekasi.

Selanjutnya ada Heli Mulyaningsing anggota DPRD Kota Bekasi, Achdar Sudrajat Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Andi Zabidi Ketua DPC Partai Demokrat, Sodikin Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Bekasi, Marhaban Sigalingging Dewan Penasehat Partai Gerindra Kota Bekasi, dan Darip Mulyana mantan Wakil Bupati Bekasi.(Dieni/dms)