Monday, 19 November 2018

Demi Juara Grup, Spanyol-Jepang Incar Kemenangan

Minggu, 29 Juli 2012 — 11:35 WIB
japan_1

LONDON (Pos Kota) – Tim sepak bola putra Jepang sukses membuat kejutan dengan menaklukkan tim favorit peraih medali emas, Spanyol pada laga perdana Olimpaide 2012, akhir pekan kemarin. Kini, baik Jepang dan Spanyol akan sama-sama mengincar kemenangan demi usaha lolos ke fase berikutnya sebagai juara Grup D. Jepang akan meladeni Maroko dan Spanyol menghadapi Honduras, Senin (30/7) dinihari nanti.

Disebut-sebut bakal menjadi favorit peraih medali emas, Spanyol dipaksa takluk 0-1 oleh Jpeang. Kekalahan itu menjadi pertanda bahwa tim dari negeri Matador sesunggunya tidak boleh menganggap remah Honduras, lawan yang akan mereka hadapai dinihari nanti. Di atas kertas, Spanyol memang lebih diunggulkan. Namun melihat performa Spanyol saat melawan Jepang, bisa jadi kembali terulang jika skuad asuhan Luis Milla tidak mampu mengantisipasi ancaman lawan.

Apalagi mereka terancam pulang lebih dini jika tidak mampu meraih kemenangan pada laga nanti setelah menjadi juru kunci Grup D, tanpa angka. Sebaliknya, Honduras berada di urutan kedua dengan satu angka, bersama Maroko. “Kami masih punya dua pertandingan tersisa (menghadapi Honduras dan Maroko) dan itu harus kami lewati dengan kemenangan,” seru Milla, seperti disitat Goal.

Namun lolos saja tidak cukup bagi Spanyol. Mereka harus memastikan diri menjadi juara grup D. Di sisi lain, Jepang yang saat ini memimpin Grup D dengan tiga angka, tentu ingin kembali meraih kemenangan demi usaha memastikan langkah ke fase berikutnya. Ya, jika sukses meraih kemenangan atas Maroko pada hari yang sama, maka secara otomatis Jepang sudah dipastikan lolos dari fase grup. Pun, tim berjuluk Samurasi Biru itu tetap ingin merebut tiket sebagai juara grup.

Maklum, jika hanya lolos sebagai runner-up di grup D, maka mereka berpeluang bertemu dengan favorit peraih medali emas lainnya, Brasil di perempat final. Brasil saat ini memimpin Grup C dengan tiga poin pasca menang 3-2 atas Mesir. Pada laga nanti di hari yang sama, Brasil akan meladeni Belarusia yang juga mengumpulkan tiga angka di urutan kedua Grup C. Sementara Mesir yang berada di urutan ketiga Grup C akan meladeni juru kunci Selandia Baru. (junius/dms)