Sunday, 24 June 2018

Sudin PU Tata Air Perbaiki Penutup Saluran

Minggu, 29 Juli 2012 — 14:11 WIB
tarta-sub

GAMBIR (Pos Kota) – Perbaikan sarana dan prasarana untuk mengatasi genangan terus dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Sudin PU Tata Air. Salah satunya perbaikan plat atau penutup saluran air yang berada di atas trotoar atau badan jalan.

Hal ini karena banyak plat penutup saluran yang rusak atau dicuri oleh pemulung, sehingga sangat membahayakan bagi para pejalan kaki atau pengguna jalan. Selain itu, sampah gampang masuk ke saluran air sehingga dapat menyumbat saluran.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin PU Tata Air Jakpus, H. Juaeni Yusuf mengatakan plat penutup saluran berfungis untuk memudahkan dalam pengurasan saluran. Di mana saat akan menguras tinggal membuka plat penutupnya dan dikuras. “Sebagian ada rusak dan sebagian lainnya hilang dicuri oleh pemulung,” jelasnya, Minggu (29/7/2012).

Plat penutup saluran dicuri karena bahan platnya berasal dari besi yang harganya mahal, sehingga menarik perhatian orang-orang yang tidak bertangungjawab untuk mengambilnya. “Biasanya besinya yang diambil untuk dijual,” ujar Juaeni.

Saat ini, Sudin PU Tata Air sudah dan tengah mengerjakan pembuatanplat penutup saluran dan juga tali-tali air atau mulut air. Diantaranya Jl Jendral Sudirman (depan Atmajaya), Jl Pegangsaan Timur, Jl Cideng Barat/Timur, Jl Percetakan Negara Raya, Jl Juanda Raya, Jl Percetakan Negara 9, Jl Cempaka Putih Raya dan Jl Cikini Raya.

“Tali-tali air dan mulut air dibuat untuk mempercepat air masuk ke dalam saluran, sehingga genangan cepat surut,” kata Juaeni.

(tarta/sir)

Teks Gbr- Petugas Sudin PU Tata Air Jakpus tengah membuat plat penutup salran dan tali air di Jl Cikini Raya. (tarta)