Tuesday, 20 August 2019

Awas! Uang Palsu Banyak Beredar Jelang Lebaran

Senin, 30 Juli 2012 — 22:31 WIB
ilusawas

BANDUNG (Pos. Kota) – Awas, menjelang Lebaran uang palsu diduga banyak beredar di Bandung. Peringatan itu dikeluarkan Kapolsek Andir Kompol Fillo, setelah anggotanya berhasil mebongkar sindikat upal asal Garut.

Tiga tersangka SS,45, S,57, dan C,52, ditangkap di rumahnya masing- masing, di Tarogong, Kabupaten Garut. Barang bukti yang diamankan senilai Rp 165 juta uang palsu pecahan Rp 50 ribu dan 100 ribu. Sedang tersangka AYM,39, ditangkap saat belanja baju Lebaran di Pasar Baru Bandung, Minggu sore.

“ Terungkapnya sindikat pengedar upal asal Garut ini berawal di Pasar Baru Bandung. Ibu rumah tangga AYM ditangkap pedagang dan diserahkan ke polisi,“ kata Kapolsek, Senin.

Dia mengungkapkan, tersangka AYM ditangkap salah seorang pedagang di Pasar Baru Bandung, Minggu siang sekitar pukul 12.00. Tersangka mengeluarkan uang palsu empat lembar saat mau membayar pakaian Lebaran seharga Rp 200 ribu.

Pedagang yang menerima uang langsung mengeceknya dengan sinar ultraviolet. Hasilnya uang dari ibu rumah tangga itu palsu. Tersangka itu dikejar kemudian setelah tertangkap diserahkan ke polisi.

Di Mapolsek Andir, AYM saat diperiksa mengakui upal yang dibawa belanja ke Bandung diperoleh dari tiga pria yang bertempat tinggal di Garut.“ “Setelah dapat informasi kami bergegas ke Garut. Tiga tersangka ditangkap,“ ujar Kapolsek.

Tiga rumah tersangka digerebeg kemudian barang bukti Rp 165 juta upal diamankan. Tersangka mendekam di kamar tahanan Polsek Andir dan diancam hukum 15 tahun penjara lantaran melanggar pasal 245 KUH Pidana.(Dono)