Saturday, 22 September 2018

Produksi Sandang Sukabumi Tembus Tiga Benua

Selasa, 31 Juli 2012 — 22:25 WIB
ilusproduksi

SUKABUMI (Pos Kota) – Hasil produksi sandang sejumlah perusahaan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ternyata menembus tiga benua. Omset produksi sandang di kabupaten terluas se-Jawa dan Bali ini juga per tahunnya mencapai 582 ribu dolar AS.

Produksi sandang itu di antaranya boneka, men`s pant, short sleeves, rain clothes, rock with word ast, men`s T-shirt, 100 persen synthetic hari goods, water short boy`s and girl`s inner winner, dan produk lainnya dipasarkan di Korea Selatan, Inggris, Swedia, Belgia, Italia, Perancis hingga Amerika Serikat.

Kepala Bidang Pedagangan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi Agus Ernawan menjelaskan produk sandang diekspor ke tiga benua yakni Amerika, Asia, dan Eropa. Sehingga, apabila menemukan produk yang mereknya serupa di luar negeri dipastikan itu berasal dari kabupaten.

“Permintaan pasar mengenai produksi sandang di perusahaan yang berada di kita memang cukup tinggi. Makanya wajar, banyak investor ke kita untuk menanamkan modalnya,” tutur Agus, Selasa (31/7).

Disebutkan Agus, sejumlah perusahaan yang memproduksi sandang itu antara lain PT Alpha Toy, PT Sentosa Utama Garmindo, PT Sengsil Indonesia, CV Intan Mutiara Sanny dan PT Korin Hair Indonesia.
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi Aam Amar Halim menambahkan, ada sedikitnya 664 perusahaan asing yang berdiri di Kabupaten Sukabumi, 70 persennya milik Korea Selatan. (sule)