Sunday, 18 August 2019

Bakauheni Siap Layani Pemudik Lebaran

Rabu, 1 Agustus 2012 — 10:36 WIB
Foto- Ilustrasi

Foto- Ilustrasi

LAMPUNG (Pos Kota) – Hadapi lonjakan penumpang mudik menjelang Idul Fitri tahun ini, berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi penumpukan penumpang kapal dan memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang mudik. PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Bakauheni akan menyiapkan delapan loket pembelian tiket bagi penumpang penjalan kaki agar mereka tidak saling berdesak-desakan terutama yang membawa anak kecil dan orang tua lanjut usia.

Adapun dari delapan loket pembelian tiket nantinya pihak ASDP Cabang pelabuhan Bakauheni akan menyiapkan satu loket khusus bagi para lanjut usia (lansia) sejak H-10 menjelang hari Raya Idul fitri. Hal ini dikatakan Manajer Operasional ASDP Cabang Bakauheni, Heru Purwanto.

Selanjutnya kata Heru pada musim mudik Lebaran tahun pihaknya tidak akan membuka loket untuk penumpang kapal cepat.Ini  disebabkan perusahaan kapal cepat belum memberikan informasi terkait kesiapannya menghadapi angkutan Lebaran.

Selain menyiapkan loket bagi penumpang pejalan kaki, pihak ASDP Cabang Bakauheni juga akan menyiapkan empat loket khusus bagi penumpang dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Supaya para penumpang pejalan kaki yang antre di loket tiket penjualan tidak pingsan karena kepanasan, pihak ASDP Cabang Bakauheni juga akan menyiapkan tenda-tenda khusus bagi penumpang.

Sementara itu, dari 41 armada kapal roro (roll on roll off) yang melayani penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak yang akan beroperasi hanya 35 armada kapal yang benar-benar siap untuk melayani arus mudik Lebaran nanti dan sudah menjalani pemeriksaan. Untuk sisanya enam armada kapal lainnya memasuki jadwal untuk docking pemerliharaan.

Walaupun hanya 35 armada kapal yang benar-benar siap  untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini tidak akan terkendala. Sebab, daya angkut kapal yang beroperasi rata-rata akan mampu mengangkut 700 orang penumpang pejalan kaki dan lebih 200 kendaraan mobil pribadi dan motor.

(koesma/sir)