Kamis, 2 Agustus 2012 16:11:11 WIB

Stiker TNI di Kendaraan Dirazia

razia-sub

SUKABUMI (Pos Kota) – Ratusan stiker berlogo TNI yang ditempel di plat nomor polisi kendaraan berhasil bersihkan dalam razia yang digelar aparat Sub Detasemen Polisi Militer (Subdenpom) III/1-2 Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (2/8/2012) siang.

Dalam operasi yang dipusatkan di kawasan Lingkar Selatan Kota Sukabumi ini, petugas juga berhasil mengamankan atribut TNI lainnya, seperti jaket dan celana.

Pantauan di lokasi, operasi yang dipimpin Komandan Subdenpom III/1-2 Sukabumi, Kapten CPM Herly Subandi ini menghentikan setiap kendaraan roda dua maupun empat yang melintas, terutama  yang beratribut TNI. Hasilnya, dari mayoritas kendaraan pribadi ratusan stiker berlogo TNI langsung dicopot.

Namun, petugas polisi militer hanya memberikan teguran kepada pemilik kendaraan yang kedapatan menempel atribut TNI tersebut. Selanjutnya, petugas melepaskan para pengendara tersebut. Malah, dalam razia tersebut sedikitnya 15 anggota TNI berhasil terjaring. Namun, ke-15 anggota TNI aktif tidak ada yang ditindak karena mengantongi kelengkapan surat keluar dari kesatuannya masing-masing.

“Kebanyakan atribut TNI yang diamankan berupa stiker menempel di plat nopol. Kita hanya memberikan peringatan saja, hanya mencopot atribut TNI tersebut. Ada ratusan stiker berlogo TNI. Ada juga jaket dan celana TNI yang dipakai sipil kita amankan. Barang bukti ini kita langsung musnahkan,” kata  Komandan Subdenpom III/1-2 Sukabumi, Kapten CPM Herly Subandi kepada Pos Kota usai memimpin razia.

Ditegaskan Herly, tindakan penyitaan atribut TNI dari warga sipil ini  untuk menjaga citra TNI di mata masyarakat. Menurutnya, dikhawatirkan warga sipil tersebut memakai atribut militer untuk hal-hal yang tidak baik seperti melakukan tindakan kriminal.

“Operasi ini akan terus dilakukan secara berkala. Kegiatan ini merupakan instruksi dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan sampai, atribut militer ini disalahgunakan,” ungkapnya.

Aditya, salah seorang warga mengaku penertiban berbagai atribut TNI seharusnya dilakukan terus menerus. Sepengetahuannya, tidak sedikit atribut militer dipakai untuk sekadar unjuk kegagahan.

(sule/sir)

Teks Gbr- Petugas  Subdenpom III/1-2 Sukabumi tengah melakukan razia atribut militer di ruas Jalan Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (2/8). (sule)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.