Friday, 20 September 2019

Puluhan Ribu Petugas Siap Amankan

Setiap 4,5 Km Ada Pos Polisi di Jalur Mudik

Jumat, 3 Agustus 2012 — 15:48 WIB
rapat-polisi

KARAWANG (Pos Kota) – Jalur utama Pantura Karawang hingga Subang merupakan jalur pemudik lebaran  yang selalu menjadi perhatian, sebab jalur tersebut merupakan jalur utama para pemudik yang hendak melalu jalur selatan maupun jalur utara. Sehingga diperlukan perhatian untuk memastikan kondisi jalan benar-benar laik untuk dilaluli armada transportasi.

Menjelang lebaran, sebagian besar proyek perbaikan jalan raya yang merupakan jalur utama arus mudik lebaran 2012 dari Kabupaten Karawang hingga Subang, Jawa Barat, sudah rampung sehingga bisa dilalui pemudik.

Tirta Agus,  dari bidang Pengawasan Proyek Jalan Karawang-Subang Kementerian Pekerjaan Umum,  ketika berdialog dengan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno,  Kamis malam  (2/8/2012) di Pos Aju Simpang Jomin,Kecamatan Kota Baru, Cikampek, mengatakan, proyek infrastruktur  jalan mulai dari Wilayah Tanjungpura (perbatasan Karawang-Bekasi sampai wilayah Subang) dipastikan akan selesai pada H-10 lebaran. Sehingga jalur ini bisa digunakan pada arus mudik dan balik lebaran nanti.

Menurut Tirta Agus,  saat ini  di jalur utama mudik lebaran sepanjang Wilayah Karawang-Subang pada awalnya terdapat empat titik proyek perbaikan jalan.  Keempat titik itu ialah sekitar dua kilometer pelebaran jalan Surotokunto Karawang, perbaikan jalan raya Wilayah Purwasari, perawatan jalan Lingkar By Pass Karawang dan di jalur pantura Subang wilayah Ciasem.

“Dari empat titik proyek itu, perbaikan jalur pantura wilayah Ciasem sudah selesai. Begitu juga dengan proyek perawatan jalan Lingkar By Pass Karawang, hampir selesai. Sisanya, di jalan Surotokunto serta jalan raya Purwasari kini masih dalam proses pengerjaan, dan ditargetkan selesai pada H-10 lebaran.

Pengerjaan proyek jalan sebagai persiapan arus mudik lebaran itu terbilang cepat, karena pengerjaannya baru dilaksanakan pada Mei 2012, dan seluruh proyek itu dipastikan akan selesai pada H-10 lebaran.

SIAPKAN PERSONIL

Sementara itu Kapolda Jabar, Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno mengatakan, untuk mengamankan mudik lebaran 2012, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personil untuk ditempatkan di jalur mudik lebaran di Wilayah Jawa Barat.  “Kami siap dari Polri sebanyak 20.184, TNI 3200, dari Pemda unsure PMI dan lainnya  berjumlah 9.000 personil,” ungkap Kapolda.

Kapolda mengatakan, mengenai pengaturan jalur mudik tahun 2012, tidak jauh  berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik sistem pengaturan akan  dibuat pos polisi dengan jarak setiap  4,5 Km. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan  masyarakat  dalam mendapatkan informasi terkait pengamanan  dan pelayanan arus mudik, personilnya akan ditempatkan pada H – 9.

Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat mengharapkan berbagai proyek infrastruktur jalan di sepanjang jalur mudik di Karawang bisa selesai sebelum H-7 lebaran. “Sebab jika sampai H-7 lebaran masih terdapat proyek pengerjaan infrastruktur jalan, maka akan mengganggu aktivitas arus mudik lebaran,”  kata Kapolres.

PASANG CCTV

Untuk memperlancar arus mudik di Jalur Pantura Karawang, Polres Karawang akan menyiagakan 1.616 personil di 28 Pospam  8 Pos pelayanan di Wilayah Polres Karawang. Selain  itu juga pihaknya akan memasang empat CCTV yang dipasang di Simpang Jomin, Dawuan, Cikalong dan Pertigaan Mutiara.

(nourkinan/sir)

Teks Gbr- Kapolda Jawa Barat Irjen  Pol. Putut Eko Bayuseno ketika  mendengarkan pemaparan  dari Kapolres Karawang, AKBP. Arman Achdiat, persiapan arus mudik lebaran 2012 di Jalur Pantura, Karawang. (nourkinan)