Friday, 20 September 2019

Tangerang Selatan Rawan Bencana Kekeringan

Sabtu, 4 Agustus 2012 — 1:23 WIB
ilustangsel

PAMULANG (Pos Kota) – Musim panas yang panjang membuat enam wilayah di Kota Tanggerang Selatan rawan dengan bencana kekeringan. Hal ini akan membawa dampak terhadap persedian air bersih untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk mengairi sawah.

“Sampai saat ini memang belum ada laporan kecamatan yang rawan kekeringan akibat kemarau panjang sekarang ini,” kata Ketua Tim rekasi Cepat (BPBD) Kota Tangsel, Tomi Patria, Jumat (3/8) berkaitan dengan cuaca belakangan ini.

Daerah yang mendapatkan perhatian serius dari Pemkot Tangsel, karena jika kemarau selama ini kerap kekurangan suplai air bersih atau air tanah antara lain di Vila Pamulang, Reni Jaya, Muncul, Serpong, Ciputat dan Bambu Apus.

Menurut dia, melihat kondisi cuaca yang panas dan jarang hujan belakangan ini, wajar jika jajarannya mewaspadai serta mengantisipasi sejak awal dengan penyuluhan serta sosialisasi agar warga mewaspadai masaah tersebut.

CEPAT LAPOR

Sosialisasi atau informasi berkaitan musim kemarau ini, tambah dia, dilakukan dengan meminta warga atau masyarakat yang merasa mulai kekurangan air bersih atau kesulitan mendapatkan air bersih hendaknya secepatnya melaporkan ke pihak kelurahan dan kecamatan setempat.

Diakuinya, setiap musim kemarau sebagian besar kecamatan di wilayah di Kota Tangsel selalu terjadi kekeringan, yang tentunya menyulitkan warga memperoleh air bersih untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci dan kakus serta areal persawahan. (anton)