Monday, 19 August 2019

Korsel Tantang Brasil di Semifinal

Minggu, 5 Agustus 2012 — 12:05 WIB
korea

CARDIFF (Pos Kota) – Korea Selatan (Korsel) melaju ke babak semifinal sepakbola putra Olimpiade 2012, usai menyingkirkan tuan rumah Inggris Raya lewat adu penalti setelah bermain 1-1 selama 120 menit pertandingan di Stadion Millennium, Cardiff, Minggu (5/8) dinihari WIB. Dengan hasil itu, Korsel akan berjumpa dengan Brasil yang sebelumnya berhasil mengalahkan Honduras 3-2 pada hari yang sama.

Partai semifinal antara Korsel kontra Brasil itu sendiri akan digelar di Old Trafford, Selasa (7/8) besok. Menghadapi tuan rumah Inggris Raya, Korsel benar-benar menunjukkan perjuangan tak pernah menyerah. Korsel yang sempat mengalami tekanan di awal laga bahkan mampu membuka keunggulan lebih dulu berkat gol Ji Dong-Won di menit ke-29. Namun keunggulan tersebut hanya bertahan selama tujuh menit.

Inggris Raya akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat usaha Aaron Ramsey. Ia berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna setelah ditunjuk sebagai algojo hadiah penalti.

Empat menit berselang, Inggris Raya kembali mendapatkan tendangan penalti setelah Daniel Sturridge dilanggar Koo Ja-Cheol di kotak terlarang. Sayang, Ramsey yang kembali ditunjuk sebagai algojo, tidak mampu mengulangi hasil yang sama seperti sebelumnya.

Hasilnya, skor 1-1 terus bertahan hingga 90 menit pertandingan yang kemudian berlanjut di babak tambahan waktu 2×15 menit. Pertandingan pun terpaksa harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam drama tendangan 12 pas itu, kelima algojo Korsel sukses menyelesaikan tugasnya dengan sempurna, sementara dari kubu Inggris Raya, hanya Sturridge yang gagal menyelesaikan tugasnya dengan sempurna.

“Saya pikir ini adalah pertandingan keenam kami, sementara bagai pemain Korsel itu mungkin menjadi pertandingan 18 mereka dengan rekor tak terkalahkan. Jadi saya rasa persiapan Korsel lebih matang jika dibandingkan dengan persiapan kami. Kami harus tampil lebih baik di setiap pertandingan, tapi itu agak sulit bagi kami hari ini,” aku bintang Manchester United (MU) yang juga kapten Inggris Raya, Ryan Giggs, seperti yang disitat Reuters, Minggu (5/8).

Pada partai lainnya, Brasil sukses melangkah ke semifinal dengan mengalahkan Honduras 3-2. Sedangkan Meksiko berhasil menyingkirkan Seenegal 4-2 lewat babak perpanjang waktu setelah bermain 2-2 selama waktu normal. Selanjutnya, Meksiko akan menghadapi Jepang pada partai semifinal yang digelar di Stadion Wemble, Selasa (7/8). Jepang sendiri berhasil menggilas Mesir 3-0.

(junius)