Saturday, 20 October 2018

Tahun Depan, WNI Sudah Kerja Wajib Militer

Minggu, 5 Agustus 2012 — 5:44 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Tahun depan RUU Komponen Cadangan akan dibahas dan disahkan DPR bersama pemerintah. RUU ini mengatur seluruh WNI yang sudah bekerja ikut dalam wajib militer.

“RUU Komponen Cadangan sudah berada di DPR. RUU ini penting karena amanah UUD ’45, setiap warga negara wajib dalam pertahanan negara,” kata Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan), M Pos Hutabarat, di Jakarta, Sabtu (4/8).

Setelah RUU disahkan, lanjut Hutabarat, setiap WN berusia 18 tahun diminta ikut wajib militer. “Nanti ada tes kesehatan. Kalau lolos sehat secara fisik wajib ikut. Untuk tahun pertama 30 hari, kemudian tahun selanjutnya, 2 minggu setiap tahun,” jelasnya.

Soal wajib militer ini di negara lain pun sudah diberlakukan, seperti halnya Singapura ataupun Korea Selatan. “Syarat ikut wajib militer harus sudah bekerja. Nanti negara akan menanggung biaya selama 2 minggu, termasuk gaji,” jelasnya.
Bagi WNI yang menolak ikut wajib militer, kata Hutabarat, akan dipidanakan. Soal sanksi  pidana itu ditangani pihak kepolisian. “Pidana ranahnya kepolisian,” imbuh Hutabarat.

Jubir Kemhan Hartind Asrin menambahkan, wajib militer diatur sesuai UUD ’45. Setiap warga negara wajib memiliki kemampuan bela negara. “Untuk mendukung kekuatan TNI yang 400 ribu, rakyat bisa membantu. Di negara lain juga ada wajib militer,” tuturnya.

(aby/sir)

  • Wijaya

    TNI nanti Ujung2nya pasti proyek pengadaan yg terkait tersebut..

  • http://www.facebook.com/chatkita Rama Vs

    Mantab Brow Lanjutkan…!!

  • salkocv1 giklps

    modusnya akan seperti ospek/mos/mpls/ujian praktek, dimana setiap orang yg ingin lolos dari kewajiban, harus setor duit pengganti kewajiban.
    pesimis? ini fakta di indo!

    • ryan

      betul bro… emangnya TNI masih kurang apa… jumlahnya..

    • agus

      betul bro,..ini,..yg musti diwaspadai,…ujung2nya pasti Duit,..duit ,..dan duit,..ladang baru…cara lama..

      • egezt

        ya bukaan bgitu…bagus jga ad wajib militer,,,tapi 1 knp ga boleh orang yg belm bekerja mengikuti,,wamil?

  • http://www.facebook.com/paman.gober.3192 Paman Gober

    negara masih banyak orang miskin pake wajib militer segala…mending duitnya buat memberantas kemiskinan. kalo memang benar2 gak bisa dihindari, ya cukup PNS saja yg wajib militer. biar gak habisin uang rakyat. negara ini ini latah ikutin wamil dinegara lain. negeri ini gak butuh wamil…terbukti negeri ini negeri pejuang. merdeka saja kita yang merebutnya bukan dikasih seperti malaysia dan negara lainnya.

    • harry

      nyari ladang buat komisi brow! wkakakkakakkak

  • wahyu

    mantap ..memang sudah seharusnya …
    biooar mengerti betapa berat perjuangan para pejuang
    teruskan

  • micha

    klo cewek juga wajib ikut gk sih??
    ntar klo ikut rambut dipotong cepak dong :( ??

  • arief

    ladang praktek suap…

  • Boooiiimmm

    Baguss.. gw setuju.. memang sudah waktunya wajib militer buat
    mahasiswa diadakan.. Anak2 bangsa harus turut merasakan beratnya para pahlawan yg dulu berjuang dan berkorban nyawa demi kemerdekaan bangsa, biar anak bangsa punya rasa: “tak akan kusia-siakan pengorbananmu wahai para pahlawan bangsa” , lalu mari kita mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik2 karya.. merdeka!!!

  • micha

    klo cewek juga wajib ikut gk sih??
    ntar klo ikut rambut dipotong pendek dong :( ??

  • weirdster

    Hmmmmmm… menarik lihat cara Kemhan dan para legislatif kita menalar. Karena setiap warga wajib bela negara, berarti harus ada wajib militer. Dimana ya hubungannya? :s Lalu ada negara lain yang punya wajib militer (Singapura, Korsel, dll), ada juga yang tidak (Amerika, Jerman, Pakistan dll). Kenapa yang punya saja ya yang disebut? :s Lepas dari wajib militer itu bagus atau jelek (ogut belum punya pendapat jelas soal itu) dan dengan kepercayaan bahwa para anggota dewan sudah berpikir dengan hati-hati, akan menarik dari segi teori untuk tahu penjelasannya.

  • EGHEEZT

    berARTI YG BELUM BEKERJA TIDAK BISA IIKUT WAJIB MILITER…IA SAMA AJJA BOONG PAYAHHH..