Thursday, 19 September 2019

Plaza BSD Terbakar, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Rabu, 8 Agustus 2012 — 17:15 WIB
bsd-sub

SERPONG (Pos Kota) – Kerugian akibat kebakaran di Plaza Bumi Serpong Damai (BSD) Jl. Raya Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa malam (7/8/2012) sekitar Pk. 22:00 diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Pasalnya, musibah kebakaran yang diduga berawal dari salah satu pertokoan yang ada di dalam Plaza BSD tersebut membuat puluhan kios dan los yang ada di dalam kini tak bisa dipergunakan lagi untuk usaha.

“Saya sendiri menderita kerugian sekitar Rp 1 miliar lebih,” kata Dewi, pemilik resto dan bar KOI kepada sejumlah wartawan. “Yang sangat disayangkan kedatangan pemadam kebakaran ke lokasi agak terlambat sehingga banyak kios dan los yang harusnya bisa ditangani tak bisa terselamatkan.”

Menurut dia, awal mula munculnya api diduga dari lubang Ac sentral yang mengeluarkan asap cukup tebal sebelum api menjalar ke mana-mana. Saat melihat asap keluar dari lubang Ac sentral sejumlah pengusaha dan pemilik kios dan toko di dalam langsung enelpon pihak manajemen BSD tapi tak mendapatkan jawaban.

“Karena tak mendapatkan jawaban saat ditelepon akhirnya beberapa pemilik tempat usaha menelepon pihak keamanan setempat,” tuturnya yang mengaku lokasi tempat usahanya persis berada di belakang gudang Supirndo yang diduga asal api dari lokasi gudang tersebut.

Setelah diterima telepon oleh pihak keamanan atau security sekitar 15 menit kemudian baru alarm kebakaran di dalam plaza BSD berbunyi. Kemudian satu jam setelah itu baru mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan mencoba memadamkan api tersebut.

“Saya berharap pihak pengelola atau manejemen plaza BSD bertanggung jawab terhadap kerugian materi dan lainnya akibat musibah kebakaran ini,” imbuhnya yang baru buka usaha selama dua bulan di lokasi tersebut.

Sedangkan, pihak manejemen atau pengelola plaza BSD sampai saat ini tak ada yang memberikan keterangan akibat musibah kebakaran tersebut.

Sementara itu, Komandan Regu Damkar Kota Tangsel Saiful M, mengatakan sampai saat ini memang belum bisa memastikan asal api dan penyebab kebakaran tersebut.

(anton/sir)

Teks Gbr- Kondisi Plaza BSD Serpong yang terbakar.(anton)