Sunday, 23 April 2017

Antisipasi Kepadatan di tanah Abang,Polisi Terapkan Rekayasa Lalu-lintas

Sabtu, 11 Agustus 2012 — 10:37 WIB
lantas-4

SEPERTI diketahui, Tanah Abang selalu menjadi lokasi perbelanjaan favorit bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Terlebih, di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, banyak ma¬syarakat yang berduyun-duyun untuk memburu perlengkapan dalam menyambut hari lebaran ke pasar Tanah Abang.

Akibatnya, kondisi lalu lintas di sekitar pasar Tanah Abang selama bulan Romadhan pun kian padat. Antrean kendaraan dari Ruas Jalan KH mas Mansyur, KH Fakhruddin hingga Kebon Kacang tampak padat merayap.

Bertolak dari Hal ini, Di¬rektorat Lalu lintas Polda Metro Jaya berserta para stake holder melakukan Operasi On Street di sekitar Pasar Tanah Abang. Metode operasi ini adalah dengan menempatkan sekitar 100 Personil dan melakukan reka¬saya lalu lintas di sekitaran Pa¬sar Tanah Abang.

Bentuk-bentuk rekayasa lalu lintas itu diantaranya, kendaraan dari KH Fakhruddin dan Jalan KH Mas Masyur tidak boleh memutar di putaran blok A dan dialihkan ke putaran blok B. Selanjutnya Putaran Blok B area tersebut dikosongkan dari pedagang kaki lima dan parkir liar roda dua.

Penertiban juga dilakukan terhadap para penjual kurma yang biasa berdagang di se¬panjang jalan KH Mas Masyur dengan memasang Traffic Cone Beton. Operasi gabu¬ngan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini dilakukan setiap hari dari Jam 06.00 s/d 14.00 WIB.

”Ini menjadi salah satu upa¬ya memecahkan titik –titik simpul kepadatan arus kenda¬raan yang akan menuju Pasar Tanah Abang,” ujar Kanit Lantas Polsek Metro Tanah Abang, Kompol Herman, SH, MH.

Lanjut Herman, agar lebih efektif jajaran Polantas, Satpol PP dan Dishub tetap me¬lakukan penjagaan dan pe¬ngaturan di seputar pasar Tanah Abang kendati operasi telah selesai pukul 14.00 WIB. ”Hal ini dilakukan agar parkir liar, penjual kurma maupun penyebab kemacetan lainya tidak melakukan aktivitasnya yang dapat menimbulkan kepadatan,” ujarnya.

Selain melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya intensif melakukan so¬sia¬lisasi pengaturan lalu lintas. ”Kita melakukan himbau¬an kepada pengendara dan masyarakat di wilayah Tanah Abang dalam beragam bentuk mulai dari pemberitahuan secara langsung di lapangan oleh petugas maupun dalam bentuk pemasangan span¬duk-spanduk himbuan di tempat-tempat strategis,” terang Herman.

”Diharapkan pembeli, penjual maupun pengendara me¬ngikuti himbauan ini sehi¬ng¬ga tercipta kondisi kamseltibcarlantas disekitaran Pasar Tanah Abang,” tutupnya pe¬nuh harap.

(Erwan/Danar)

TEKS FOTO:

Satlantas Polsek Tanah Abang melakukan rekayasa lalu lintas di wilayah Pasar Tanah Abang demi mengurai kemacetan saat bulan Ramadhan.