Wednesday, 14 November 2018

Genjot Pariwisata, Aceh Gelar Festival Tari Seudati 2012

Minggu, 12 Agustus 2012 — 17:40 WIB
Seudati01

JAKARTA (Pos Kota) – Festival Tari Seudati 2012 yang akan digelar di Kabupaten Bireuen Provinci Aceh ditargetkan mampu menggenjot wisata religi dan mempromosikan seni serta budaya Aceh.

“Kami harap ajang ini mampu mempromosikan pariwisata Aceh dan keindahan budaya masyarakat setempat di level yang lebih luas terutama kawasan ASEAN,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, Minggu, dalam peluncuran Festival Tari Seudati Aceh 2012.

Dia berharap, festival yang direncanakan digelar pada September atau Oktober 2012 tersebut akan menjadi awal promosi yang baik untuk pelaksanaan program Visit Aceh 2013. Seudati dipilih sebagai festival, kata dia, lantaran keunikan, kekhasan, dan potensinya sebagai salah satu produk budaya masyarakat Aceh.

“Event ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Aceh sehingga diharapkan bisa memberikan dampak yang baik pula bagi masyarakat,” katanya.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf M. Faried menambahkan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap acara tersebut. “Dana untuk penyelenggaraan acara ini didukung penuh oleh APBN 2012 senilai hampir Rp1 miliar,” katanya.

Untuk menjadi event tahunan, pihaknya meminta mulai tahun depan harus ada keikutsertaan pemerintah daerah setempat untuk mendanai pelaksanaan festival.

Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud mengatakan, pelaksanaan Festival Seudati 2012 menjadi momentum yang berharga di tengah maraknya klaim pihak asing terhadap budaya Indonesia.
Ia berharap, dengan semakin banyaknya festival serupa tidak ada lagi isu klaim yang mencuat atas budaya Indonesia sebagai warisan budaya bangsa lain.

“Kami juga merasa bangga atas perhatian pemerintah dalam memperkenalkan Tari Seudati secara luas dan menjadikannya sebagai `event` nasional. Kami berharap ini juga akan terus merambah menjadi `event` internasional,” katanya.

Sektor pariwisata di Aceh selama ini memberikan kontribusi yang besar terhadap pendapatan asli daerah. Jumlah wisatawan mancanegara ke Aceh pada 2011 tercatat sebanyak 29.500 orang, sementara jumlah mobilisasi wisatawan nusantara ke Aceh pada tahun yang sama mencapai 959.000 orang.

Pihaknya berharap, penyelenggaraan berbagai festival menjelang maupun selama program Visit Aceh 2013 termasuk Festival Seudati 2012 mampu mendongkrak jumlah wisatawan ke Aceh hingga mencapai lebih dari 20 persen. (aby/dms)

Teks Gbr:
1). Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf M. Faried didampingi Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud meluncurkan ajang  Festival Tari Seudati Aceh 2012 di Jakarta, Sabtu malam. (aby)
2). Wamenparekraf Sapta Nirwandar (kedua dari kanan) menabuh gendang sebagai tanda dimulainya  peluncuran Festival Tari Seudati Aceh 2012. (aby)