Tuesday, 17 September 2019

Petugas Cegah Aksi Penjarahan

Miliaran Rupiah Kerugian Kios Terbakar di Harco Glodok

Minggu, 12 Agustus 2012 — 15:56 WIB
harco-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 27 kios di lantai tiga Blok D Gedung Harco Glodok, ludes terbakar, Minggu (12/8/2012) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pasca kebakaran, petugas berjaga-jaga menjaga lokasi kebakaran guna mencegah terjadinya aksi penjarahan.

Peristiwa kebakaran ini terjadi pukul 12:30 Wib, sebanyak 26 unit mobil dinas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Sekitar pukul 12:50 Wib, petugas sudah berhasil menguasai kobaran api dan se;anjutnya memasuki tahap pendinginan.

“Sekarang sudah tahap pendinginan,” kata Ony, petugas Sudin Pemadam Kebakaran, Jakarta Barat, saat dihubungi Pos Kota, Minggu (12/8/2012) siang.

Petugas piket, menurut Ony, tidak memperoleh laporan adanya korban jiwa. Saat kebakaran, kata dia, kondisi kios di kawasan itu masih tutup.

Kebakaran di pusat pertokoan elektronik itu menjadi perhatian warga, terutama menjelang Idul Fitri. Bahkan banyak di antara pengunjung di pertokoan tersebut di kaswasan Glodok itu, tengah belanja. Petugas langsung mengamankan lokasi kebakaran,  hanya pemilik toko yang diperkenankan masuk untuk kondisi tokonya, namun setelah menunjukkan identitas diri bahwa dia sebagai pemilik toko yang terbakar.

“Yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Takutnya ada yang menggunakan kesempatan ini untuk berbuat kejahatan. Apalagi pada hari ini tidak semua toko buka. Kasihan kalau barang-barangnya diambil,” pinta seorang petugas.

Saat kebekaran, arus lalulintas di Jalan Gajahmada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, terutama arah ke Beos, Stasiun Kota dan sebaliknya sempat ditutup sementara. Namun sekarang, sudah dibuka dan lalulintas normal kembali.

Polisi tengah menyelidiki penyebab kebakaran. Kerugian ditaksir miliaran rupiah.

(yogi/sir)

Teks Gbr- Sejumlah pedagang mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan saat terjadi kebakaran di Harco Glodok, Jakarta Barat, Minggu (12/8). kebakaran yang menghanguskan sekitar 27 kios yang berada dilantai 3 tidak ada korban jiwa namun kerugian mencapai miliaran rupiah.(yogi)