Tuesday, 21 August 2018

Memasuki H-7 Lebaran

Pemudik Mulai Ramai di Sukabumi

Minggu, 12 Agustus 2012 — 17:26 WIB
sule-sub

SUKABUMI (Pos Kota) – Memasuki H-7 Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, aktivitas  pemudik mulai ramai di Terminal Sudirman, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/8). Kebanyakan para pemudik itu berasal dari sejumlah kota besar seperti dari Tanjung Priuk, Pulo Gadung, dan Kali Deres serta dari Bandung dan daerah lainnya.

Berdasarkan data di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Terminal Sudirman, dalam kondisi normal jumlah penumpang yang tiba rata-rata 900 orang. Namun, seminggu sebelum Lebaran kali ini jumlah penumpang mencapai 1.500 orang atau meningkat sekitar lima persen.

“Mulai H-7 Lebaran, para pemudik sudah mulai banyak berdatangan. Kenaikannya sekitar lima persen dari kondisi normal,” kata Kepala UPTD Terminal Sudirman, Yusuf Chaery.

Menurut Yusuf, kebanyakan dari penumpang yang tiba di terminal melanjutkan perjalanan kembali ke sejumlah tempat seperti ke daerah selatan Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, “Terminal Sudirman hanya dijadikan lokasi transit. Dari penumpang yang tiba, mereka melanjutkan ke berbagai wilayah, kebanyakan ke selatan Sukabumi,” tuturnya.

Puncak arus mudik, kata Yusuf, diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2 lebaran. Salah satu faktornya, banyak perusahaan yang mulai meliburkan karyawannya. “Biasanya puncak arus mudik tiga atau dua hari sebelum Lebaran,” jelasnya.
Sementara itu, arus penumpang yang keluar dari Terminal Sudirman jumlahnya masih sedikit. Pada H-7, jumlah penumpang yang berangkat ke sejumlah daerah hanya sebanyak 300 orang. Pemudik tersebut rata-rata tujuannya daerah Jawa Tengah.
Untuk mengantisipasi lonjakan, Yusuf menegaskan sudah menyiapkan sebanyak 478 armada bus. Tak hanya itu, sebanyak 35 unit armada bus sudah dicadangkan.

“Semua persiapan sudah dilakukan. Termasuk pengecekan kalayakan armada bus,” cetusnya.
Aditya, salah seorang pemudik asal Jakarta mengaku mudik seminggu sebelum Lebaran karena khawatir pada waktunya nanti akan terkena macet. Terlebih, warga Kecamatan Jampangtengah ini ingin banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya.

(sule/sir)

Teks Gbr- Memasuki H-7 Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah, aktivitas  pemudik mulai terlihat di Terminal Sudirman, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/8). Foto: sule