Sunday, 25 August 2019

Makanan Tanpa Label Kedaluwarsa Beredar

Senin, 13 Agustus 2012 — 16:51 WIB
Razia Purwakarta02

PURWAKARTA (Pos Kota) – Tim gabungan melibatkan Disperindag, Dinkes, Satpol PP, Kepolisian dan YLKI Kab Purwakarta sidak ke sejumlah pusat pembelanjaan terkait penjualan makanan dan minuman dikhawatirkan kadaluarsa menjelang lebaran, Senin (13/8).

Hasilnya ditemukan sejumlah produk makanan yang tak menyertakan label kadaluarsa dikemasan paket lebaran.

Sejumlah pusat pembelanjaan yang disidak tim gabungan dipimpin Kepala Disperindag Purwakarta Dedi Effendi antara lain toko kue Sakura, Yogya Depstore, Giant, Sadang Terminal Square (STS) dan Alfamart.

Kepala Disperindag Purwakarta Dedi Effendi, mengatakan, secara umum makanan dan minuman serta parcel yang dijual kepada masyarakat dalam kondisi layak jual. Tak ada yang dikhawatirkan termasuk kemungkinan beredarnya produk kadaluarsa.

“Kami tak menemukan produk makanan dan minuman kadaluarsa dijual. Hanya saja tim  menemukan disebuah toko menjual kue diparcel tak menyertakan label kadaluarsa dalam  dusnya,” katanya.

Pantauan Pos Kota,  pengelola toko melipatgandakan stok penjualan produk makanan dan minuman. Kue dan parcel lebaran, salah stok yang diperbanyak karena diyakini banyak peminat.
Hanya saja pengelola toko ini melupakan keutuhan kemasan produk kue. Yang penting, seluruh produk kue terutama kalengan ditumpahkan  seluruhnya di outlet untuk dijual ke konsumen.

Tim menemukan kemasan kue kaleng penyok karena penyimpanan yang saling tindih. “Tolong perhatikan juga jangan karena ingin untung besar tapi tak memerhatikan keindahan penyimpanan kue kue kaleng ini. Ya seperti ini akibatnya banyak kue kaleng penyok padahal baru,” ujar dokter Dinkes Purwakarta yang ikut sidak ke Giant Purwakarta.

Salah satu manager Giant Purwakarta, Sutarman cepat mengemasi produk kue kaleng yang kondisinya penyok untuk dimasukan ke gudang. “Tentunya masukan tim pemantau makanan lebaran ini sangat kami perhatikan. Kami akan lebih baik menata lagi produk produk yang dijual,” janjinya. (dadan/dms)