Wednesday, 26 September 2018

Antisipasi Angkutan Lebaran

PT KA Sumut Tambah Gerbong

Senin, 13 Agustus 2012 — 23:22 WIB
ilusgerbong

MEDAN (Pos Kota) – Memasuki H – 6 Lebaran, aktivitas di Stasiun Kereta Api Besar Medan terlihat meningkat. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang PT KA Divre Sumut berencana menambah rangkaian gerbong. Pasalnya, pihak PT KA Divre Sumut mengklaim penjualan tiket KA hingga H – 2 mendatang telah habis.

Humas PT Kereta Api Divres I Sumatera Utara Hasri, mengungkapkan tiket kelas eksekutif, ekonomi khususnya tujuan Medan – Tanjung Balai – Kisaran dan Rantau Prapat suda ludes terjual. “Meski tiket naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 46 ribu, tiket sudah habis,”katanya.

Sedangkan untuk melayani arus mudik Lebaran, masih kata Hasri, PT KA juga melakukan 16 kali perjalanan dalam satu hari. Grafik volume kenaikan penumpang meningkat menjelang H – 2. Dan untuk mengantisipasi kenaikan penumpang, pihak PT KA menyediakan 4 gerbong tambahan untuk kelas eksekutif dan bisnis.

LARANGAN TRUK

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Raden Heru Prakoso mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Polda Sumut dengan beberapa instansi terkait, H-4 sampai H+1 Lebaran, truk dilarang melintas di wilayah Sumatera Utara.

“Diperkirakan menjelang Idul Fitri volume kendaraan yang mudik akan terus meningkat,”kata Heru, Senin (13/8)

Menurut dia, H-4 sampai H+1 Lebaran, truk diimbau tidak melintas kecuali kendaraan yang mengangkut sembako dan BBM. Karena diprediksikan hari-hari menjelang idul fitri, volume kendaraan yang mudik akan meningkat.

Hal senada disebutkan Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Utara Anthony Siahaan, untuk truk barang, H-4 sampai H+1 Lebaran dilarang beroperasi.

“Jika ditemukan di lapangan tetap beroperasi maka akan diberikan peringatan dan akan dimasukkan ke parking area supaya tidak dapat beroperasi lagi,” jelasnya. (samosir)