Thursday, 17 August 2017

Biaya HUT RI Rp 7,8 Miliar

Istana Dituding Hamburkan Anggaran

Selasa, 14 Agustus 2012 — 22:53 WIB

JAKARTA (Pos Kota) –Istana dinilai menghambur-hamburkan uang negara untuk membiayaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kemerdekaan RI. Anggaran negara yang mencapai Rp7,8 miliar dinilai terlalu besar.

“Ini luar biasa dan fantastis hanya untuk sebuah acara seremonial kenegaraan,” kata Koordinator Advokasi dan Investigasi Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi.

Mestinya untuk menggelar acara rutin yang bersifat seremonial itu tidak perlu anggaran yang luar biasa besar. Apalagi kenyataannya ekonomi negara terutama kondisi rakyat masih memprihatinkan.

Uchok menjelaskan, anggaran Rp7,8 miliar itu paling banyak untuk pengadaan suvenir yang mencapai Rp1,7 miliar. Anggaran lain untuk sewa AC standing floor, misting fan, cooling fan, CCTV, dan camera shooting Rp1,1 miliar. Selain itu juga sewa tenda, kursi, dan meja sebesar Rp829 juta. Ada pula anggaran pengadaan pakaian sipil lengkap (PSL) untuk pejabat teras, pejabat eselon III dan IV, dan petugas perbantuan sebesar Rp 778 juta. Selain itu biaya dekorasi Rp818 juta, sewa sound system Rp629 juta, makanan Rp440 juta, snack Rp180 juta dan lainnya.

BUKAN ACARA
KELURAHAN

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Lambock V Nahattands tak membantah anggaran Rp7,8 miliar untuk Perayaan HUT RI di Istana Kepresidenan, Jakarta. “Tidak bisa dibandingkan acara di kelurahan dengan kegiatan skala nasional?” kata Lambock.

Dia juga menjelaskan tiap anggaran akan diaudit. Soal anggaran pakaian senilai Rp 778 juta, menurutnya, itu untuk anggota Paskibraka. Tapi Lambock tidak bisa merinci anggaran lain dariRp7,8 miliar dana yang digunakan.(untung/o)

  • Datu Heru

    bung lambock trs jalan aja mumpung ada duit toh duit negara ini ga usah mikirin rakyat yg menderita ….cuekkkk….