Sunday, 18 August 2019

Sukhoi Beraksi di Udara Jakarta, `Sumpah Serem Banget…`

Selasa, 14 Agustus 2012 — 12:05 WIB
pesawat-sukhoi

JAKARTA (Pos Kota) – Pesawat tempur Sukhoi dan F-16 menggemuruh di udara Jakarta, Selasa (14/8/2012) dalam rangkaian latihan flaypass di udara Istana Negara. Deru pesawat tempur berkekuatan cepat itu sempat beraksi di udara, hingga mengagetkan karyawan pada beberapa gedung tinggi di Jakarta, termasuk di kawasan Jalan Gajahmada dan Jalan Hayam Wuruk.

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama (Marsma) TNI Azman Yunus, kegiatan itu dalam kaitan peringatan HUT Kemerekaan RI. “Itu pesawat-pesawat untuk flypass di Istana Negara pada 17 Agustus,” kata Azman Yunus.

Sehari sebelumnya, Kepala Penerangan Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Mayor Sus Gerardus Maliti, menjelaskan
satu flight pesawat tempur TNI Angkatan Udara F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun dan satu Flight pesawat tempur Sukhoi dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanudin, Makasar, Sulawesi, masing-masing  yang dibawah kendali langsung oleh Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Ali Sudibyo  dan Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb M. Untung Suropati mendarat di Lanud Halim Perdankusuma,Jakarta, Senin  (13/8).

Kedatangan pesawat F-16 Fighting Falcon dan Sukhoi di Lanud Halim Perdanakusuma tersebut dalam rangka akan ikut serta memeriahkan HUT ke-67 Repubilk Indonesia dengan melakukan Flypass di area udara Istana Negara.

Pemunculan Sukhoi ini sempat menjadi topik di media jejaring sosial, twitter. Mereka bertanya-tanya pesawat tempur kok terbang rendah di Jakarta. Ini dalam rangkap apa? Dua pesawat tempur terbang rendah banget di atas Sarinah. Sumpah serem banget dengar suaranya.

(syamsir)