Seperti Ban dan Alat Makan Melamin

Banyak Produk Abal-abal Dijual di Pasaran

Senin, 20 Agustus 2012
lamin208

JAKARTA (Pos Kota) – Meski sering disisir, Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menemukan produk ban kendaraan abal-abal impor, peralatan makan minum melamin dan baja tulangan beton (BjTB).

“Beberapa hari sebelum libur Lebaran, kita menemukan produk ban mobil, peralatan makan minum melamin dan BjTB di sejumlah toko di Jakarta,” kata Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa (PB2J) Kemendag, Inayat Iman ketika dihubungi Senin (20/8).

Produk tersebut diduga tidak memenuhi aturan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) dan perlabelan.

Inayat menyebut diantaranya produk ban mobil abal-abal impor ditemukan di daerah Sunter, Jakut dan Warung Buncit, Jaksel. Untuk produk BjTB ditemukan timwas di Paseban, Jakpus dan Jl Kol Sugiono, Jaktim.

Sedangkan peralatan makan minum melamin di temukan saat timwas menyisir salah satu pasar modern di Kelapa Gading, Jakut dan empat pasar seperti Pasar Senen, Jakpus. Kemudian Pasar Pagi Glodok Jakabar, Pasar Jatinegara, Jaktim dan Pasar Mampang, Jaksel. “Saat ini produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan ini tengah diuji di laboratorium,” terang mantan Kepala Biro Umum tersebut.

Jika dari hasil uji laboratorium terbukti produk tersebut tidak memenuhi aturan SNI dan perlabelan, ia mengaku akan memproses lebih lanjut. Karenanya ke depan, pihaknya akan lebih mengintensifkan penyisiran terhadap produk abal-abal. (setiawan)

Teks : Foto hanya ilustrasi

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.