Wednesday, 19 September 2018

Pembantu Mudik, Binatu Panen

Senin, 20 Agustus 2012 — 16:15 WIB
Laundry Bekasi

BEKASI (Pos Kota) – Mudiknya para pembantu rumah tangga ternyata membawa keuntungan tersendiri bagi pengusaha jasa binatu (laundry) di Kota Bekasi. Mereka kebanjiran pesanan pencucian karena tidak ada yang mencuci pakaian.

Jika pada hari biasa, rata-rata pengusaha binatu memperoleh order 150-160 kg, kini naik hingga 50 persen. “Pesanan naik sampai 50 persen, biasanya sampai 2 minggu setelah Lebaran,” kata Yani, salah satu pengusaha binatu di Bekasi Utara.

Seperti dua hari ini, Yani mengaku terima order sampai 300 kg/harinya. “Saya sih senang dengan banyaknya order karena juga nambah rejeki,” lanjutnya.

Pengisaha binatu lainnya di Bekasi Barat, Kevin, mengatakan mayoritas konsumennya adalah kalangan rumah tangga yang tidak ingin direpotkan dengan mencuci pakaian setelah pembantunya pulang kampung. “Order rata-rata dari keluarga yang ditinggal pembantunya mudik,” kata dia.

Untuk jasa binatu ini, para pengusaha mematok harga Rp6.000/kg. “Tapi selama pasca Lebaran ini terpaksa saya naikkan jadi Rp7.000/kg. Tetap saja pelanggan yang datang masih banyak,” kata Kevin lagi. (Dieni/dms)

foto: salah satu pengusaha binatu yang kebanjiran pesanan di Kota Bekasi. (Dieni)