Foke Sungkem Kepada Lansia di Panti Sosial Cipayung

Selasa, 21 Agustus 2012 — 17:00 WIB
foke jompo218

CIPAYUNG (Pos Kota) – Tidak hanya di bulan Ramadhan, kegiatan silaturahmi juga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dihari ketiga setelah Lebaran, Selasa (21/8). Orang nomor satu di ibukota tersebut mengunjungi Panti Sosial Tresna Werda Budi Mulia 1 (PSTWBM 1), di Jl. Raya Bina Marga, Ceger, Cipayung, Jaktim.

Dalam kunjungannya, Fauzi Bowo menyungkem kepada ratusan penghuni panti atau biasa disebut warga binaan sosial (WBS). Pada kesempatan itu ia juga ikut memainkan rabana bersama belasan nenek, dan bermain bersama anak balita penghuni Panti Sosial Tunas Bangsa. Bahkan, dirinya membeli dua buah keset hasil rajutan salah seorang penghuni panti.

“Minal Aidin Walfaidzin ya Pak, mohon maaf lahir dan batin, semoga diberikan kesehatan selalu,” katanya seraya membayarkan uang Rp150 ribu untuk dua buah keset kepada salah seorang WBS, Pak Karim, 70.

“Hasil karya bapak luar biasa bagus, terus semangat dalam berkarya ya Pak,” sambungnya, yang kemudian melanjutkan kegiatannya dengan meninjau sarana dan prasarana PSTWBM1.

Foke menyadari, penghuni PSTWBM 1 ini adalah lansia yang terlantar dan harus hidup sendiri tanpa perhatian dan pendampingan keluaga. Kondisi tersebut, menurutnya, menjadi tuntutan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan sosial, sehingga diharapkan dapat menghindarkan mereka dari keterlantaran dalam berbagai aspek.

“Di panti jompo ini mereka tidak punya siapa-siapa. Kalau tidak diambil alih oleh pemerintah siapa lagi. Saya juga berterimakasih kepada petugas dan pengurus panti yang dengan ikhlas merawat para penghuni panti,” kata Foke, didampingi Walikota Jaktim, Murdhani, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Kian Kelana, Kepala Suku Dinas Sosial Jaktim, Aji Antoko, dan Camat Cipayung, Ali Murtadho. Kegiatan serupa juga ia lakukan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur.

Ny. Masnun, 82, salah seorang WBS PSTWBM 1, mengaku terharu didatangi gubernur. Dirinya berharap, perhatian yang diberikan pemerintah kepadanya dapat terus berlanjut. “Terimakasih pak sudah mau datang menengok kami, mudah-mudahan bapak terpilih kembali menjadi gubernur,” katanya.

Kepala PSTWBM 1, Tuti Sulistyaningsih, memaparkan, saat ini ada 200 orang WBS yang tertampung di PSTWBM 1. Mereka adalah lansia yang terlantar di jalanan dan kemudian dibawa ke panti untuk dirawat agar dapat hidup secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Di tempat ini, mereka diberi perlindungan, dan pembinaan fisik, spriritual, sosial dan psikologis.

“Selain memberikan pelayanan sosial kami juga memberikan banyak kegiatan positif untuk mereka seperti, senam, kesenian, kebaktian, berkebun, dan pelatihan kerajinan tangan. Bahkan, pada tahun 2013 mendatang rencananya kami akan mendatangkan empat orang terapis untuk melatih gerak,” katanya. (yulian)

Teks : Fauzi Bowo ketika berbincang dengan seorang lansia di Panti Sosial Cipayung (toga)

  • dono

    thumbennnnnn, masih rangka pilkada seh, inget dosa pak kalo niatnya ngga tulus, menipu perasaan orang itu jahat banget loh

  • Anonymous

    bikin sensasi dimana2, tak lupa selalu senyum ke kamera. ada niat jadi coverboy?