Sunday, 17 February 2019

PKS Dukung Misi Kemanusiaan Untuk Rohingya

Selasa, 21 Agustus 2012 — 16:03 WIB
rohingyademo218

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lutfi Hasan Ishaq mengatakan partainya akan terus memberikan dukungan kepada misi kemanusian Indonesia untuk Rohingya di , dengan mengantar rombongan yang akan berangkat ke Myanmar , Selasa subuh.

“Kami mendukung misi kemanusiaan yang dibawa anggota parlemen RI dipimpin saudara Hidayat Nur Wahid. Delegasi ini akan melengkapi upaya yang telah dilakukan Jusuf Kalla sebelumnya sebagai Ketua PMI dan utusan khusus RI untuk pengungsi Myanmar. Ini bukti kepedulian PKS terhadap masalah kemanusiaan di kawasan tersebut,” ujar Lutfi.

Delegasi Indonesia terdiri 4 anggota parlemen (Hidayat Nur Wahid, Moh. Sohibul Iman, Nurhasan Zaidi dan Ledia Hanifa) serta dua staf Menteri Sosial (Suryama M. Sastra dan Sapto Waluyo). “Misi kami mendorong pemerintah Myanmar agar membuka akses bagi bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi di Rakhine/Arakan. Konflik itu mungkin dinyatakan sebagai masalah domestik, tapi dampaknya jelas melampaui batas negaran” kata Hidayat Nur Wahid.

Di Indonesia saat ini ada sekitar 500 pengungsi Myanmar, belum lagi di perbatasan Bangladesh dan Thailand. Karena itu, lanjutnya, kita harus mencari solusi sesuai prinsip ASEAN.

Ledia Hanifa selaku perempuan anggota parlemen menyatakan, “Indonesia telah mengambil inisiatif untuk mendukung proses demokratisasi di Myanmar melalui kaukus parlemen. Saat ini, kita perlu memberi perhatian pada masalah kemanusiaan agar tidak jatuh korban lebih besar, terutama anak-anak dan kaum perempuan. Pemerintah Myanmar harus menghormati HAM dan membuka akses sesuai standar internasional.”

Turut melepas keberangkatan delegasi, sejumlah aktivis kemanusiaan dari PKPU dan RZI serta wartawan Al Jazeerah. Delegasi Indonesia direncanakan bertemu dengan Ketua Parlemen dan Menteri Urusan Perbatasan serta Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar.(Tri)

Teks : Demo protes pembatayaan terhadap Rohingya

  • Kader Santun

    Memakai sarana Kader di Departemen Sosial untuk meningkatkan citra Partai yg kian terseok di PILKADA DKI, sekalian refreshing untuk menghilangkan kegalauan kalah di PILKADA, tapi jangan bawa terorist ke sana kasihan tambah rusuh nanti di sana

  • http://www.facebook.com/stonetemplep Jefeson Filent

    udah mending urusin perut kader aja,,,jgn sok pahlawan