Saturday, 22 September 2018

Akibat Suhu Panas, Gunung Papandayan Terbakar

Rabu, 22 Agustus 2012 — 14:07 WIB
papandayan228

BANDUNG (Pos Kota) – Lima hektar hutan di wilayaj Gunung Papandayan Kabupaten Garut, Jabar terbakar. Warga yang tinggal di kaki gunung kalangkabut dan ramai-ramai menyelamatkan diri saat hutan di areal gunung dilalap si jago merah.

Meski tak ada korban jiwa, api yang membakar rumput dan pepohonan di sekitar gunung. Hingga Rabu siang ratusan polisi dari Polres Garut masih melakukan pengamanan di sekitar Gunung.

Surya,45, salah seorang warga menjelaskan, terbakarnya lahan di gunung Papandayan berlangsung Rabu sekitar pukul 11.00. Api muncul kemudian mengangkasa. Saat asap dan api muncul warga setempat sempat panik.
Polisi yang mendapat laporan bergegas melakukan upaya pengamanan. Api yang dipadamkan dalam waktu hampor satu jam.

Kapolres Garut AKBP Enjang Kurnia Hasan, ketika dihubungi melalui selulernya, menjelaskan, lahan yang terbakar di Gunung Papandayan mencapai 5 hektar. Tumbuhan dan rerumputan serta alang alang yang ada di hutan gunung Papandayan ludes dimangsa api.

“ Berdasar hasil penyelidikian kebakaran gunung ini diduga kuat akibat panasnya suhu di sekitar gunung. Tak ada unsur sabotase dalam terbakarnya gunung tersebut. Api sudah berhasil dipadamkan,“ tandasnya. (Dono)