Wednesday, 21 November 2018

Didominasi Pengendara Motor

Arus Balik Mulai Padati Jalur Pantura

Rabu, 22 Agustus 2012 — 7:12 WIB
ilusarus

KARAWANG (Pos Kota) – Arus balik Lebaran dengan mengendarai sepeda motor dari arah Cirebon menuju Jakarta, sejak Selasa pagi (H +2) mulai memadati jalur utama Pantura Cikampek sampai perbatasan Karawang – Bekasi.

Untuk menghindari kemacetan, petugas Pos Pam di Simpang Tiga Lampu Merah Warung Bambu, mengalihkan semua arus balik pengendara sepeda motor yang datang dari arah Cikampek menuju Bekasi, melalui jalan baru (jalan By Pass Warung Bambu – Tanjungpura), begitu juga kendaraan roda empat pribadi mauoun umum.

Pengalihan arus balik Lebaran merupakan upaya mengatasi kepadatan arus balik di Kota Karawang.

Berdasarkan pemantauan Pos Kota, sejak Selasa pagi belasan petugas dikerahkan mengatur pengalihan arus balik di Simpang Tiga Warung bambu, begitu juga di Simpang Tiga Tanjungpura.

Sementara itu kepadatan arus balik juga mulai terlihat di Simpang Tiga Jomin Kota Baru, Cikampek dan Simpang Tiga Mutiara. Kendaraan angkutan umum maupun pribadi, yang datang dari arah Pantura menuju Jakarta, di arahkan ke jalan By Pass Jomin, selanjutnya ke arah gerbang Tol Kopo.
Diperkirakan puncak arus balik Sabtu (25/8) dan Minggu (26/8) sebab masa cuti Lebaran karyawan swasta sudah habis dan Senin (27/8) anak sekolah mulai masuk. Meski demikian mulai hari ini arus balik akan terus meningkat hingga akhirnya puncaknya Sabtu atau Minggu.
Sedangkan di Kab Purwakarta dipadati ribuan sepeda motor dengan tujuan Obyek Wisata Jatiluhur. ” Mereka memanfaatkan libur Lebaran,” ujar Kapolres Purwakarta AKBP Bahtiar dihubungi Pos Kota, Selasa (21/8).

Pantauan Pos Kota , konvoi ribuan sepeda motor terus mengalir sejak Selasa pagi hingga sore menuju Obyek wisata Jatiluhur. Dari plat nomor sepeda motor yang mereka tunggangi leter ‘T’, dapat ditebak mereka datang dari wilayah Purwasuka (Purwakarta-Subang-Karawang).

Terpantau pula, arus ramai lancar di jalur tengah sekeluarnya di GT Sadang menuju Cipendeuy-Kalijati (Subang). Mereka menuju Obyek Wisata Air Panas Sari Ater, Subang.

Selain itu di gerbang tol Cikopo hingga pertigaan Jomin, Cikampek, menuju pantura Subang tetap ramau. Data yang diperoleh Pos Kota dari Jasa Marga, Selasa sore mengisyaratkan, terjadi lonjakan arus kendaraan yang keluar di Gardu Cikarang Utama menuju Tol Cikopo pada H+2 atau Senin (20/8) tercatat sebanyak 58.172 unit terdiri sif 1 17.877 unit, sif 2 23.470 unit dan sif 3 16.852 unit. Terjadi kenaikan sekira 20.000 unit kendaraan dari hari H (19/8) yang tercatat 38.235 unit kendaraan dengan rincian sif 1 13.209 unit, sif 2 15.323 unit dan sif 3 9.703 unit kendaraan. (dadan/nourkinan)

Teks : Arus balik pengendara sepeda motor dari arah Pantura Cirebon menuju Jakarta terlihat memadati Simpang Tiga Tanjungpura, perbatasan Karawang – Bekasi.