Thursday, 20 September 2018

Ibu, Tiga Anak dan Keponakan Keracunan Ikan Kaleng

Kamis, 23 Agustus 2012 — 18:22 WIB
ikankaleng238

BOGOR (Pos Kota) – Satu keluarga terdiri ibu dan tiga anak serta seorang keponakannya di Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang keracunan usai menyantap makanan ikan dalam kemasan kaleng, Kamis (23/8). Ibu dan anak ini lalu dilarikan ke RS PMI Bogor.

Mereka itu: Maryam, 40, bersama tiga anaknya, Cinta,10, Ratna,8, Saniya, dan Rifal,2, sedangkan keponakannya Ratna,8. “Kini kondisi kelimanya berangsur-angsur membaik. Mereka menyantap makanan ikan kaleng yang sudah kadaluarsa,” ujar seorang staf medis RS PMI Bogor.

Sekitar pk.06:00, Maryam memasak sarden buat sarapan anak dan keponakanya. Sebelumn ikan dalam kemasana itu dia beli di warung sekitar rumahnya. Tanpa membaca batas waktu yang boleh dimakan, ibu tiga anak ini tetap memasaknya.

“Setelah menyantap makanan itu mendadak putri bungsunya Rafil merasa kepalanya pusing lalu disusul dengan muntah-muntah,” ujar Maman, kerabatnya di RS PMI Bogor.

Kejadian serupa dialami ketiga kakaknya dan sepupunya kemudian Ny. Maryam, ibunya. Beruntung saat itu sang suami Suwardi yang sebelumnya dinas malam sudah pulang. Melihat kondisi istri, anak dan keponakannya mual-mual dan muntah, membuat Suwardi bergegas melarikannya ke klinik terdekat.

Lantaran minimanya peralatan dan persediaan obatnya, kelima korban keracunan ini lalu dirujuk ke RS PMI Bogor. “Alhamdulillah besok mereka sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah berangsur membaik,” ujar Maman. (iwan)

Teks : Ilustrasi