Saturday, 17 November 2018

Landa 15 Hektare Lahan Hutan Gunung Kelud Kediri Terbakar

Kamis, 23 Agustus 2012 — 21:50 WIB
*Illustrasi

*Illustrasi

SURABAYA(Pos Kota)-Kebakaran hebat melanda kawasan hutan wisata Gunung Kelud, Kecamatan Ngacar, Kabupaten KediriĀ  Jawa Timur. Hingga, Kamis (23/8)titik-titik api masih terlihat menyala.

Menurut keterangan, Kebakaran ini terjadi di petak 148 kawasan hutan lindung di bawah naungan Resot Pemangku Hutan (RPH) Besowo. Si jago merah melalap tanaman jenis kaliandra dan rerumputan. Hingga kini tercatat sudah mencapai luas 15 hektare.

Kejadian ini sudah diketahui oleh pengelola objek wisata dan perhutani setempat. Bahkan petugas sudah berupaya memadamkan api. Tetapi karena sulitnya medan yang memiliki kemiringan 45 derajat membuat titik api sulit dijangkau.

Kondisi ini diperparah dengan tiupan angin yang kencang. Sehingga api dengan mudah merembet ke tanaman lainnya.

Petugas sebenarnya sempat berhasil memadamkan api. Namun api kembali berkobar akibat keringnya tanaman dan kencangnya tiupan angin.

Mantri Hutan RPH Besowo Sugeng Sugiono mengatakan, pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual oleh petugas digantu oleh masyarakat sekitar. Mengingat, lokasi kebarakan tidak dapat dijangkau oleh Mobil Pemadam Kebakaran (PMK).

“Lokasi kebkaran memang sangat sulit dijangkau, karena berada di jurang. Sehingga pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual,” ungkap Sugeng.

Untuk mencegah potensi melompatnya api akibat tiupan angin, petugas telah membuat ilaran selebar dua meter di seputar titik api. Pihak perhutani juga menempatkan sejumlah personilnya di sekitar titik kebakaran.(nurqomar/dms)