Friday, 16 November 2018

Pembantu Masih Mudik

Laundry Kiloan Masih Tutup Ibu-ibu Kelimpungan

Kamis, 23 Agustus 2012 — 8:24 WIB
laundry-kiloan

MAMPANG PRAPATAN (Pos Kota) – Jasa cuci gosok (Laundry) pasca Lebaran terus diserbu ibu-ibu rumah tangga. Ini akibat pembantu rumah tangga mudik dan belum kembali.

Yang bikin tambah apes, ternyata hingga H+3, usaha laundry yang kini semakin marak di permukiman, ternyata masih banyak yang tutup.

“Biasanya H+2 Lebaran, laundry termasuk cuci gosok kiloan sudah buka. Tapi tumben kali ini masih tutup semua,” keluh Rismawati,38, warga Tegal Parang, Rabu (22/8).

Ibu dua anak ini menuturkan sejak H-7 kedua pembantunya sudah mudik Lebaran. Praktis pekerjaan rumah sehari-hari ia dan suami harus bagi tugas. Apalagi kedua anaknya masih balita dan yang bungsu usia 5 bulan.

Pengalaman Lebaran setiap tahun, ia membawa pakaian kotor sekeluarga ke cuci gosok murah meriah alias kiloan berkisar Rp7.000. Kecuali pakaian pesta, jas atau muslim stelan, baju pergi sekeluarga.

“Baju pergi, blazer kerja saya, baju kerja dan jas suami saya bawa ke laundry reguler yang harganya memang lumayan mahal tapi puas lah,” tutur PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta ini.

Pantauan di kawasan Kebayoran Baru, Kebayoran Lama dan Mampang Prapatan, sejumlah laundry maupun cuci gosok kiloan memang masih tutup. Umumnya kembali aktif pada Minggu (26/8).

“Toko saya baru buka pada Minggu (26/8). Jika ada pelanggan yang mengantarkan pakaian kotor untuk cuci gosok tetap saya terima tapi selesainya Senin (27/8),” kata Hafidz, pemilik Pesona Laundry di Mampang Prapatan VIII No 19, Jaksel.

Kedua pembantunya hingga kini masih mudik ke Wonogiri, Jawa Tengah dan dijanjikan akan kembali ke Jakarta pada Sabtu (25/8).

Ia memasang tarif cuci gosok Rp7.000 per kilogram, cuci kering Rp4.500 per Kg dan setrika Rp5.000/kg. Pada hari biasa lazimnya ia melayani permintaan cuci gosok berkisar 30an Kg.

Sejumlah laundry reguler di kawasan Mampang Prapatan, Pancoran dan sekitarnya pada Rabu (22/8) tampak tutup. Kalaupun ada yang buka itupun hanya setengah hari.

“Kami baru buka hari ini karena masih suasana lebaran dan karyawan mudik,” kata Dina, karyawan satu laundry terkemuka di Jakarta.

Di tokonya, jasa cuci gosok pakaian dihitung per potong. Misalnya t-shirt, kemeja, blus dan kebaya Rp16.500 per potong, celana panjang Rp16.500/potong, stelan safari/jas dan kemeja Rp28.500 dan blazer Rp19.000/potong. Sedangkan bed cover, selimut, seprei dan karpet dihitung per meter persegi (M2). Misalnya bed cover Rp9.000/M2, seprei Rp7 ribu/M2 dan selimut Rp8 ribu/M2. (Rachmi)

Teks : Pengelola ‘Pesona Laundry’ di Mampang Prapatan VIII, Jaksel, Hafidz sedang menimbang pakaian kotor pelanggannya, Rabu (22/8). (Rachmi)