Sunday, 23 September 2018

Buka Tutup di Pertigaan Kalijaga

Arus Balik Terus Padati Jalur Pantura

Jumat, 24 Agustus 2012 — 13:27 WIB
arus-balik

CIREBON (Pos Kota)- Ribuan kendaraan yang datang dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terus mengalir memadati Jalur Pantura Cirebon. Bahkan di beberapa titik kondisinya padat merayap (macet), terutama di Gerbang Tol Tegalkarang, Palimanan.

Untuk mencegah stagnan di Palimanan, arus kendaraan terpaksa dialihkan menuju jalur alternatif Cirebon-Karangampel (Indramayu). Buka tutup pengalihan arus dilakukan di pertigaan Kalijaga (Pegambiran), Jumat (24/8).

Pantauan di lapangan arus kendaraan balik itu, baik sepeda motor maupun mobil pribadi dan bus semuanya dialihkan menuju jalur alternatif pukul 09.00 wib.

Langkah itu dilakukan karena kondisi arus lalin di Palimanan terutama di muara keluar tol Tegalkarang padat yang cukup signifikan.

Akibatnya kemacetan sempat “berpindah” ke dalam kota, beruntung pengaturan yang dilakukan petugas di lapangan mampu bertindak cepat sehingga tidak terjadi kepadatan (kemacetan).

Diperkirakan mulai siang hingga malam, arus lalu lintas dari arah Jateng akan terus mengalir. Pada pukul 11.00 wib saja, arus kendaraan yang keluar dari pintu Tegalkarang, tidak langsung berbelok ke kanan (menuju Indramayu) melainkan diarahkan ke kiri menuju jalur Cirebon-Bandung untuk selanjutnya mengarah ke jalur alternatif Cikamurang. “Pengalihan itu kami lakukan selama 30 menit,” kata Kepala Jasa Marga Cabang Tol Palikanci, Dadang Sumaryana

Kapolresta Cirebon AKBP Asep Edi Suheri mengatakan, buka-tutup jalur di pertigaan Kalijaga dilakukan dengan menyesuaikan kondisi wilayah Polres Cirebon dan Polres Indramyu. “Kalau dirasa kondisinya sudah mencair, maka arus kembali dibuka dan kendaraan diarahkan masuk jalur utama Pantura,” kata kapolres.(Darman)

Teks: Arus pemudik sepeda motor memadati Jalur Pantura Cirebon