Tuesday, 25 September 2018

Jadi Anggota Paskibraka Tidak Semudah Yang Dibayangkan

Jumat, 24 Agustus 2012 — 12:27 WIB
braka248

KEMBANGAN (Pos Kota) -Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) di setiap sekolah tidak sesederhana yang dibayangkan kebanyakan orang. Untuk jadi anggota tidak hanya bagi siswa yang berminat.Tapi dilakukan seleksi cukup ketat dan waktu yang panjang, kata Rengga Kristianto, Wakil Ketua II, Paskibraka Jakarta Barat.

Untuk menjadi anggota harus lulus dari hasil saringan seleksi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi sampai nasional.

Bagi siswa yang lulus seleksi, wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 3 bulan untuk menggembleng fisik, mental, dan wawasan. Ini untuk menanamkan disiplinan yang tinggi dan rasa cinta bela Negara.

Selama pelatihan calon pasukan (CAP) dibimbing alumni PASKIBRAKA yang tergabung dalam Organisasi Purna Paskibraka Idonesia Jakarta Barat (PPI JB). Pelatihan memang tidak mengenal waktu, tempat dalam atau di luar ruangan. Termasuk pada saat Bulan Puasa pelatihan tetap dilakukan sesuai yang dijadwalkan,

“Anggota Paskibraka harus tangguh, memiliki jiwa nasionalis dan kesatria yang tinggi.”jelas Rengga.

Tugas PASKIBRAKA untuk mengibarkan bendera sang saka merah putih tidak hanya pada upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, tapi juga pada hari-hari besar Nasional lainnya.”PASKIBRAKA di Jakarta Barat dipilih untuk 25 siswa,” tambah Rengga.

PASKIBRAKA Jakarta Barat dibentuk tahun 1979, satu pendiri PASKIBRAKA di Jakarta Barat diantaranya Bambang T Baskoro merupakan PASKIBRAKA Nasional tahun 1979 berasal dari SMAN 2 Jakarta Barat.

Sedang PASKIBRAKA yang meraih prestasi, antara lain Hans Silalahi (PASKIBRAKA 1985) kini menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi Purnawirawan Dan Putra Putri TNI-POLRI. Disamping terpilih sebagai Duta Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta (Abang/None), Keprotokolan Presiden RI , terpilih wakil pertukaran pemuda dan budaya keberbagai Negara, dan berbagai prestasi dibidang kepemudaan akademik lainnya.(herman)
(herman).

Teks : PASKIBRAKA Jakarta Barat tengah mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara HUT Proklamasi RI ke 67 di halaman Kantor Walikota Jakarta Barat,(17/8)