Tuesday, 20 August 2019

Kemacetan di Anyer Dikeluhkan Wisatawan

Minggu, 26 Agustus 2012 — 5:23 WIB
iluskemacetan

SERANG (Pos Kota) – Kemacetan kendaraan di seluruh akses lokasi wisata di Banten dikeluhkan wisatawan yang hendak kembali ke kotanya masing-masing. Wisatawan yang telah menghabiskan waktu libur Lebaran di Pantai Anyer, Carita serta lokasi lainnya harus berjam-jam untuk bisa keluar dari kemacetan.

Kemacetan ini tidak hanya disebabkan membludaknya wisatawan tapi juga kondisi jalan rusak dan sempit serta banyaknya pasar tumpah di seluruh akses menuju kawasan wisata.

Edi Susanto, 47, warga Pamulang, Jakarta Selatan, mengaku bersama keluarganya berniat berlibur ke Pantai Anyer namun sudah 3 jam menghabiskan waktu di jalur wisata Anyer-Kota Cilegon. “Jalannya sudah lumayan bagus, tapi sempitnya bukan main. Kita hanya bisa ngkutin kendaraan didepan karena tidak bisa nyalip,” kata Edi.

Pengalaman yang sama juga dikatakan Gunawan, 35, warga Grogol, Jakarta Barat. Ia mengaku terjebak macet di jalur Pandeglang-Serang, saat perjalanan pulang selepas berwisata di Pantai Carita. “Awalnya saya tidak mengira akan macet seperti ini. Sekarang mau apalagi, kita nikmatin aja,” kata pegawai bank swasta ini, Sabtu (25/8).

Pantuan Pos Kota, kemacetan di jalur utama wisata dan jalur alternatif sudah terasa sejak sekitar pukul 11:00. Hampir seluruh jalur wisata semisal Kota Cilegon-Anyer, Kota Serang-Pandeglang, padat merayap. Hal ini disebabkan jalan sempit dan banyak pasar tumpah.

Di jalur Kota Serang-Pandeglang, petugas terpaksa melakukan sistem buka tutup untuk menghindari kemacetan yang lebih parah. Sementara dijalur alternatif Pal Lima-Cinangka , kemacetan disebabkan jalanan rusak. (haryono)