Sunday, 23 September 2018

Stok Darah di PMI Kota Bekasi Kosong

Senin, 27 Agustus 2012 — 15:55 WIB
darahkasih278

BEKASI (Pos Kota) – Pendonor darah di Kota Bekasi selama bulan puasa langka. Akibatnya, stock darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi sudah seminggu ini kosong.

Kekosongan stock darah ini ternyata juga terjadi di semua PMI se-Jabodetabek. Pasien rumah sakit yang membutuhkan darah mesti menyiapkan pendonor dari keluarga sendiri.

Petugas PMI Kota Bekasi, Yodi Ramadha mengatakan, selama Ramadhan pendonor menurun dan hanya tercatat antara 10 – 12 orang per hari. “Malah seminggu setelah Lebaran, belum ada satu pun pendonor yang datang ke PMI,” katanya.

Saat ini stok darah di lemari penyimpanan terlihat kosong. “Semua golongan darah kosong. Kami berusaha menjalin kerjasama dengan perusahaan di Bekasi. Mudah-mudahan karyawannya bisa jadi sebagai pendonor,” kata Yodi.

Yodi menambahkan, suplai darah ke rumah sakit di Kota Bekasi menjadi terhambat. Para pasien yang membutuhkan darah harus menyiapkan donor pengganti dari pihak keluarga masing – masing ”PMI tidak bisa memberikan darah. Padahal permintaan melonjak. Kami mengimbau agar masyarakat datang ke sini untuk donor, kami buka 24 jam” kata dia. (Dieni)

Teks foto: stock darah di lemari PMI Kota Bekasi kosong. (Dieni)