Thursday, 19 September 2019

KPK Periksa Dua Hakim Tipikor Semarang

Selasa, 28 Agustus 2012 — 16:22 WIB
tipiksiksa288

SEMARANG ( Pos Kota ) – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) memeriksa dua hakim Pengadilan Negeri Tipikor Semarang , Pragsono dan Asmadinata , Selasa (28/8) . Kedua hakim tersebut diperiksa di kantor Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Jateng di Jalan Pahlawan Semarang .

Sebelumnya KPK telah memeriksa Ketua DPRD Grobogan ( nonaktif ) . Pemeriksaan kedua hakim itu dibenarkan oleh Kabid Pidum Kejati Jateng Eko Suwarni . “Memang benar KPK melakukan pemeriksaan terhadap hakim Pragsono dan Asmadinata,” kata Eko Suwarni.

Pragsono merupakan hakim ketua yang menangani perkara korupsi M.Yaeni. Pemeriksaan yang dilakukan di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah ini sendiri dilakukan terkait arahan dari Mahkamah Agung (MA). Pemeriksaan tersebut dikarenakan Hakim Ketua persidangan, Pragsono yang menyeret M.Yaeni tersebut terlihat ada kejanggalan.

Pragsono dan Asmadinata masih diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini, keduanya diduga mengetahui pemberian uang kepada Hakim Ad Hoc Kartini Maurpaung yang tertangkap tangan oleh KPK di halaman kantor Pengadilan Negeri Semarang , 17 Agustus lalu .

Saat itu hakim adhoc Kartini tertangkap tangan menerima uang suap Rp 150 juta . Bersama Kartini , saat itu juga ditangkap KPK hakim ad hoc tipikor Pontianak Heru Kisbandono dan Sri Dartuti , adik dari M Yaeni .

Kasus suap yang melibatkan hakim ad hoc di Pengadilan Negeri Tipikor Semarang ini terkait dengan penanganan perkara dugaan korupsi dana perawatan mobil dinas di DPRD Grobogan senilai Rp 1,9 miliar . Dalam kasus ini M Yaeni ditetapkan sebagai tersangka dan menjalani persidangan di PN Tipikor Semarang .( Suatmadji )