Thursday, 15 November 2018

Lolos ke Fase Grup Liga Champions

Malaga Jadi Kekuatan Baru di Spanyol

Rabu, 29 Agustus 2012 — 11:58 WIB
malaga

MALAGA (Pos Kota) – Usaha Malaga untuk bersaing di kancah Eropa bersama rival domestik seperti Real Madrid, Barcelona, dan Valencia tercapai sudah.

Klub asal Andalusia itu berhasil lolos ke fase grup Liga Champions setelah menyingkirkan wakil Yunani, Panathinaikos dengan agregat 2-0, usai bermain bermain imbang tanpa gol di Stadion Olympic, Athena, Rabu (29/8) dinihari WIB.

Meski dengan minimnya kekuatan serta bayang-bayang kelelahan pemain, Malaga mampu hadir di antara nama besar klub-klub asal Spanyol, seperti Madrid, Barca, dan Valencia.

“Saya sangat bangga dengan tim ini. Kami berhasil mengatasi banyak masalah dan berhasil lolos ke fase penyisihan grup. Kami hanya punya 16 pemain dalam skuad dan tiga hari untuk melakukan persiapan,” kata pelatih Malaga, Manuel Pellegrini, seperti disitat AS, Rabu (29/8).

“Namun, tim ini sanggup merespons dengan positif, karena kami punya komitmen (mempersembahkan yang terbaik) untuk para penggemar yang harus dipenuhi. Itu yang mengubah segalanya dan kami pun siap menghadapi musim ini di kancah Eropa,” lanjut mantan pelatih Madrid asal Cile, berusia 58 tahun tersebut.

Di bawah asuhan Pellegrini, Malaga memang mulai menjelma sebagai salah satu kekuatan baru di negeri Matador Spanyol. Tidak heran jika nama Pellegrini diabadikan dengan dibuatnya patung di depan Stadion La Rosaleda. Sejak lolos dari jeratan degradasi di pentas La Liga pada 2010 lalu, Malaga bangkit di bawah bayang-bayang Madrid, Barca, dan Valencia. Puncaknya, Malaga berhasil finis di urutan empat besar La Liga musim lalu.

Kini tugas berat berada di punggung Pellegrini untuk kembali melanjutkan keikutsertaan Malaga di panggung Eropa untuk pertama kalinya sejak musim 2002/03 silam. Saat itu, Malaga tampil di UEFA Cup (sekarang Liga Eropa UEFA). Sementara bisa lolos ke fase Liga Champions, adalah sebuah sejarah baru bagi klub Andalusia tersebut. (junius)

Foto Reuters