Wednesday, 14 November 2018

Gunung Walat Sukabumi Terbakar

Sabtu, 1 September 2012 — 19:26 WIB
gunungwalat19

SUKABUMI (Pos Kota) – Kebakaran kembali terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Kali ini, si jago merah melumat beberapa hektar lahan hutan Gunung Walat di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (1/9). Belum diketahui pasti penyebab serta luasan lahan hutan yang terbakar.

Dugaan sementara, api berasal dari kegiatan petani yang tengah membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Belum lagi, kondisi kawasan hutan memasuki musim kemarau sangat rawan terbakar karena dilanda kekeringan. Untuk tahun ini, dari informasi warga sudah enam kali hutan gunung yang memiliki luas sekitar 359 hektar terbakar.

Terbakarnya kawasan hutan yang dikelola Institut Pertanian Bogor ini baru diketahui pukul 13.00 WIB. Puluhan polisi dan TNI dibantu petugas hutan dan warga berupaya menjinakan api. Namun, proses pemadaman api cukup sulit. Pasalnya, petugas hanya memakai alat seadanya seperti batang kayu dan dedaunan karena tidak ada air. Hingga pukul 19.00 WIB, kebakaran hutan Gunung Salak masih terjadi.

Soalnya, lokasi lahan hutan yang terbakar sulit dijangkau kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dan cukup jauh dari pemukiman warga. Satu unit damkar yang diterjunkan hanya mampu menjangkau di kaki gunung tersebut dan bersiaga untuk mengantisipasi api merembet ke wilayah yang dekat dengan pemukiman warga.

“Untuk luasan lahan yang terbakar belum bisa diketahui. Soalnya api masih terus menjalar ke lahan lainnya dan sulit dipadamkan. Namun kita terus berupaya menjinakan api,” kata Wahyudin, petugas lapangan hutan Gunung Walat.

Menurut Wahyudin, upaya menjinakan api cukup sulit karena tidak ada sumber air. Kondisi beberapa pohon yang kekeringan mempercepat kebakaran. “Apalagi angin cukup besar sehingga api terus membesar. Kami kesulitan menjinakan api,” akunya.

Dayat, petugas pengawasan lahan menuturkan api berawal dari bawah gunung. Lalu merambat hingga hampir ke puncak gunung. “Apinya sulit padam. Mudah-mudahan tidak terus menjalar ke lahan lainnya’,” cetuasnya. (sule)

Teks : Hutan di Sukabumi yang terbakar