Bogor Buka Pendaftaran Calhaj Susulan

Senin, 3 September 2012
c.haji

BOGOR (Pos Kota) –  Belum terpenuhinya kuota haji  lantaran masih banyaknya calon haji (calhaj)  yang belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BIPH) membuat Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kota Bogor membuka pendaftaran calhaj susulan. Sedangkan Kakemnag  Kabupaten Bogor masih memberikan batas waktu  terkahir kepada calhaj yang belum melunasi BIPH sampai Jumat (7/9/2012).

“Dari kuota 3.377 calhaj Kabupaten Bogor yang sudah melunasi BIPH sekitar 3.228, sisanya 149 orang kita tunggu sampai akhir Jumat (7/8). Jika sampai batas waktu itu belum juga melunasi, akan digantikan oleh antrean berikutnya,” ungkap Kepala Kakemnag Kabupaten Bogor Suhendra, Senin.

Menurutnya, bila tidak ada perubahan pada 20 September mendatang  keberangkatan calhaj asal Indonesia mulai diterbangkan. Namun, sampai saat ini  belum ada penentuan kelompok terbang (kloter) bagi calhaj. “Semuanya masih diproses di tingkat pusat. Jika sudah ada kabar akan kita sampaikan,” ujaranya seraya minta para calhaj bersabar sebab menjalakan ibadah haji dituntut keiklasan dan kesabaran.

Sedangkan  Kepala Kakemnag Kota Bogor Ahmad Sanukri mengatakan, pihaknya membuka  pendaftaran calhaj tahap kedua mengingat berlum terpenuhinya kuota haji Kota Bogor sesuai yang ditetapkan Provinsi Jawa Barat. “Tahun ini kita dapat kuota 946 jamaah, namun hingga Senin (3/8/2012) yang melunasi baru 893 orang, sehingga dibuka pendaftaran haji tahap 3-7 September, dengan mengambil nomor  di bawahnya,“ katanya.

Pembukaan pendaftaran susulan ini, kata Ahmad, diprioritaskan kepada pendaftar yang masuk daftar tunggu 2013. Mereka yang berminat bisa mendaftarkan diri untuk berangkat pada 2012. “Akibat keterlambatan melunasi BIPH ini, kami menduga berdampak dengan belum ditetapkannya kloter dan jadwal pemberangkatan,” ujarnya seraya menyebutkan ke-893 calhaj itu sudah menjalani pemeriksaan kesehatan tinggal menunggu keberangkatan.

(iwan/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.