Sunday, 23 September 2018

Hutan Suaka Margasatwa Terbakar di Sukabumi

Senin, 3 September 2012 — 16:58 WIB
Hutan Terbakar/ist

Hutan Terbakar/ist

SUKABUMI (Pos Kota) –  Kebakaran kembali terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Kali ini, menimpa  kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin (3/9).

Luasan lahan dan penyebab kebakaran belum bisa diketahui. Pasalnya, hingga sore hari sejumlah titik api belum bisa dipadamkan.

Kepala Resort Cikepuh, Dulman Effendi mengakui kebakaran yang melanda hutan yang dikelola Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jabar ini terjadi di blok Sentul, Pasawahan, dan Leiwi Asahan.

“Hingga kini sejumlah titik api masih berupaya dipadamkan oleh petugas gabungan.,” kata Dulman kepada wartawan.

Menurut Dulman, peristiwa kebakaran lahan sebenarnya sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Dalam perkembangannya titik api terus bertambah banyak. Petugas gabungan tengah memadamkan titik api yang ada di Blok Leuwi Asahan.

Disebutkan Dulman, petugas yang memadamkan api di antaranya berasal dari Pam Swakarsa sebanyak 30 orang, petugas resort Cikepuh, dan petugas BKSDA Jabar. “ Pemadaman dengan alat seadanya seperti jet shutter atau alat semprotan air. Hal ini disebabkan lokasi kebakaran lahan sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran (Damkar),” jelasnya,

Dulman belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Hanya dugaa sementara, kebakaran karena unsur sabotase dan mudahnya pepohonan kering mudah terbakar karena memasuki musim kemarau.

“Penyebabnya belum diketahui. Termasuk luasan lahan yang terbakar belum ada. Untuk mengetahui luasan yang terbakar kita akan menunggu hasil  proses pengukuran yang dilakukan petugas BKSDA Jabar,” tandasnya. (sule/dms)

foto: Ilustrasi