Karir Jaksanya Tamat

MA Hukum Cirus Sinaga 5 Tahun

Selasa, 4 September 2012
matikau39

JAKARTA (Pos Kota) – Karir Sirus Sinaga tamat. Jaksa non atkif itu, Selasa (4/9), akan dieksekusi terkait kasus rekayasa dakwaan terhadap mafia pajak Gayus HP Tambunan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Masyhudi, mengakui pihaknya telah menerima petikan putusan terpidana Cirus Sinaga.”Petikan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) kami terima pada Jumat lalu (31/8) dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,” jelasnya. “Hari Selasa kita laksanakan eksekusinya.”

Masyhudi mengatakan rencananya Cirus yang kini mendekam di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat, juga akan dieksekusi ke LP Cipinang.

Dalam putusan itu, MA menghukum Cirus 5 tahun penjara, denda Rp150 juta, dan subsider tiga bulan kurungan, karena terbukti melakukan tindak pidana, dengan sengaja merekayasa dakwaan tersangka Gayus HP Tambunan, dan menghilangkan pasal korupsi dalam berkas.
Akibatnya, Gayus divonis bebas di Pengadilan Negeri Tangerang. Cirus terbukti melanggar pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Setalah eksekusi, nantinya petikan putusan tersebut akan dikirim ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, untuk kemudian diteruskan ke Kejaksaan Agung, agar menjadi pertimbangan untuk memecat jaksa tersebut. (dwi)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.