Wednesday, 24 July 2019

Malang Diguncang Gempa 6,5 SR

Selasa, 4 September 2012 — 11:12 WIB

SURABAYA (Pos Kota)- Gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (4/9/2012) dini hari.
Menurut keterangan dari BMKG Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang menyebutkan, Gempa Mag:6.5 SR tercatat pukul  01:23:03 WIB. Durasi gempa terasa 3-4 menit.

Pusat gempa berada pada, Lok: 11.07 LS,113.86 BT 301 km Barat Daya Banyuwangi, Jawa Timur dengan kedalaman 10 km. “Benar,ada gempa berkekuatan 6,5 skala richter. Pusatnya di barat daya laut Banyuwangi,” ungkap Risky Amalia, Petugas BMKG Stasiun Karangkates.

Dikatakan Risky, sejauh ini belum ada laporan kerusakan terkait gempa. Untuk wilayah terdampak gempa, pagi ini juga belum ada data tentang kerusakan yang masuk.
“Kami belum menerima laporan adanya kerusakan. Jika dilihat dari ciri-ciri gempa, Insya Allah tidak ada kerusakan berarti,” tegasnya.

Risky menambahkan, gempa pagi ini juga dipastikan tidak berakibat munculnya gelombang air laut atau tsunami.
Sementara itu, getaran gempa terasa sangat kuat di jantung Kota Kepanjen, Kabupaten Malang. Sejumlah penghuni rumah yang terlelap tidur, sampai terbangun lantaran getaran gempa terjadi cukup lama.

“Ada lindu. Guncangannya cukup kuat,” ucap Agus Hanifah, warga Kepanjen yang sedang melakukan ronda malam di Pos Kamling, Jalan Salak, Kepanjen pada sejumlah warga yang terpaksa keluar rumah karena kaget munculnya gempa.

(nurqomar/sir)

 

Foto-Ilustrasi