Tuesday, 17 September 2019

Tangkuban Perahu Siaga, Warga Lima Desa Siap Ngungsi

Rabu, 5 September 2012 — 9:59 WIB
tangkuban-sub

BANDUNG (Pos Kota) – Belasan ribu warga yang ada di kaki Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, sudah siap diungsikan jika gunung tersebut mengamuk. Mereka akan ditampung di lokasi lokasi aman yang sudah disiapkan pemerintah daerah Subang dan Kabupaten Bandung Barat.

“Berbagai langkah sudah disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan terburuk,“ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemda Bandung Barat, Sulaeman, Rabu (5/9/2012).

Berdasar hasil keputusan rapat Selasa malam di Cikole, Bandung, memutuskan pemerintah sudah menyiaplan lahan pengungsi jika warga di lima desa harus dievakuasi. Berdasar catatan, warga yang harus pindah yang bermukim di ring satu Tangkuban Parahu, satu diantaranya Cikole. Kemudian lima desa yang bermukim di ring dua gunung itu tiga diantaranya, desa Cibodas, Parongpong, dan Ciheudeung.

“Sedang warga Kota Bandung harap tenang karena jika  meletus dampaknya hanya ada di ring satu dan dua. Kota Bandung aman. Dan Insya Allah, Tangkuban Parahu damai dan tenang sehingga tak perlu panik,“ ungkapnya.

Menyikapi kondisi gunung, Sulaeman menegaskan masih dalam status siaga meski terjadi penurunan suhu. Dia mengakui dua hari lalu kawah Tangkuban Parahu mengeluarkan gas beracun dan suhunya tinggi. Oleh karenanya lokasi gunung kini ditutup dan pedagang pun dilarang berjualan. “Kita tetap harus menghindar per radius 1,5 KM dari kawah. “Gunung Tangkuban Parahu memiliki sembilan kawah, empat diantaranyta kawah Domas, Jurig, badak, dan Ratu. Kawah ratu yang kini sangat aktif dan tergolong ganas.

(dono/sir)

Foto-Kawah Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat. (ist)

  • http://www.facebook.com/zhee.ay Ayu Arini Khastarina

    Hem,,parongpong yang dlunya tenang..skarang di suruh ngungsi :|