Sunday, 18 November 2018

Usai Pesta Pernikahan

68 Warga Keracunan Makanan

Kamis, 6 September 2012 — 13:16 WIB
racun-sub

BOGOR (Pos Kota) – Sebanyak 68 warga Kampung Prayoga, RW 07, Desa Mekarjaya, Cigudeg, Kabupaten Bogor mengalami keracunan Rabu (5/9) malam. Mereka mengalami mual dan pusing setelah menyantap nasi, ayam dan karedok yang disediakan di pesta pernikahan salah satu warga di kampung tersebut.

Informasi dihimpun,  gejala keracunan itu dirasakan para korban, setelah beberapa jam menyantap masakan makanan di pesta atau hajatan Hamid, 60, warga setempat, tepatnya pada pukul 22.00.

Saat itu, ada beberapa warga yang sebagian besar anak kecil mengeluhkan mual-mual.

Setelah diumumkan di pengeras suara mushala, ternyata banyak orang dewasa juga mengalami keluhan serupa. “Saat itu juga mereka dilarikan ke Puskesmas Cigudeg,” kata Sekrertasi Camat Cigudeg, Adi Heryana, Kamis (6/9/2012).

Berdasarkan data di Kecamatan Cigudeg, korban yang mengalami keracunan sebanyak 47 orang (rawat jalan), rawat inap 21 orang, dengan rincian dewasa 31, anak-anak 22 dan balita 14.

Hingga saat ini sejumlah warga masih menjalani perawatan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cigudeg. Petugas kesehatan dan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab keracunan.

Kanit Reskrim Polsek Cigudeg, Iptu Ujang Suhardi mengatakan, keterangan warga setempat, penyebab keracunan diduga disebabkan dari makanan dilokasi hajatan.

“Kita sudah menyita menu makanan yang diduga sebagai penyebab keracunan. Sekarang sedang di uji di lab. Penyelenggara hajatan masih menjalani pemeriksaan,”tandas Ujang.

(yopi/sir)