Wednesday, 26 September 2018

Di Era SBY Demokrasi Diakui, Tetapi Korupsi Menjadi

Jumat, 7 September 2012 — 23:45 WIB
korpsby79

JAKARTA (Pos Kota) -Di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono SBY), kebebasan demokrasi diakui, tapi hukum tidak tegak. Akibatnya semua serba transaksional dan korupsi kian jadi.

“Sekarang ini dimana-mana serba korupsi dan serba dibeli. Itu karena demokrasi tanpa disertai penegakan hukum. Sekarang justru kekuasaan mengangkangi hukum,” kata Ketua Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi, kepada wartawan, di Cikini, Jumat (7/9).

Dalam kondisi seperti inilah, pihaknya terus-menerus mengajak masyarakat untuk jangan sampai terlupa dengan kasus-kasus besar korupsi, seperti skandal Bank Century, mafia pajak, dan lainnya. Untuk itu, mengadakan kegiatan untuk mengangkat buku-buku yang membongkar korupsi besar di negeri ini untuk diadili dalam suatu Mahkaham Intelektual (MI).

“MI ini gagasan aktivis GIB untuk melawan korupsi. MI didesain mirip pengadilan sebagai forum pertanggungjawaban publik mengenai korupsi dan penyalahgunaan wewenang para pejabat publik,” kata Adhie.

Dalam waktu dekat ini, buku yang akan ‘diadili’ adalah Nasihat Untuk SBY karya mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Adnan Buyung Nasution.Berikutnya, akan dibedah pula buku Gurita Cikeas karya George Junus Aditjondro, juga Untuk Hukum dan Keadilan (Antasari Azhar), dan buku Perang-perangan Melawan Korupsi (Bambang Soesatyo).

SERING DIUCAPKAN

Sementara itu, pakar politik dari UI Boni Hargens menyatakan, sekarang ini sudah begitu banyak kritik keras disampaikan, tapi semuanya lewat begitu saja. “Sekarang sudah sampai pada kata-kata sudah tak bermakna lagi. Semua sudah keluar, tapi tidak ditanggapi untuk perbaikan negara.”

Menurutnya, SBY memang sangat pandai memainkan psikologi masyarakat, dan pintar dalam bermain kata-kata. Tapi kenyataannya apa yang sering diucapkan SBY sulit dipercaya. “Seperti dia menuding ada kongkalikong oknum pejabat dengan parlemen. Lha semuanya itu kan anak buah dia juga,” katanya. (winoto)

Teks : Presiden SBY

  • santoso kilmaung

    klau ngomong jngn pada pakai tapi kenapa ? ujung 2 nya pasti jelek !!!

  • Martiana

    Sebenarnya Korupsi itu sudah menjadi sebahagian budaya Indonesia, hanya sekarang merata, kalau dulu jaman Orba hanya ditangani satu orang makanya ada istilah Mrs Ten Persen……

  • Fauzi Bowo

    USUT TUNTAS KORUPSI FAUZI BOWO MENCAPAI TRILYUNAN RUPIAH. KALAH MENANG PILKADA NGGAK AKAN MEMPENGARUHI PROSES HUKUM KPK. SIKAT PARA KORUPTOR YANG TAK TAHU MALU KAYAK FB INI.