Tuesday, 18 September 2018

Distribusi Meningkat ke Sumatera

Truk Kembali Antre di Merak

Jumat, 7 September 2012 — 16:45 WIB
antri-truk

MERAK (Pos Kota) – Dermaga Pelabuhan Merak kembali dipadati ribuan truk yang akan menyeberang ke Pulau Sumatra. Penumpukan truk ekspedisi ini disebabkan meningkatnya distribusi barang pasca Lebaran ke Pulau Sumatera. Tidak hanya itu, arus kendaraan pribadi juga meningkat pada setiap menghadapi akhir pekan.

Berdasarkan catatan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, jumlah truk yang menyeberang mencapai 2.751 unit. Jumlah ini meningkat menjadi 2.981 unit truk pada hari berikutnya. Sedangkan kapal roro yang dioperasikan sebanyak 26 unit.

Asep Winarya, 38, sopir truk yang mengangkut barang kelontongan, mengatakan, pengiriman barang mulai meningkat September ini guna memenuhi kebutuhan jelang tahun baru. “Pengusaha biasanya menstok barang dari sekarang untuk menghindari kenaikan harga,” katanya, Jum’at (7/9), seraya menambahkan jika dalam sebulan ia sudah beberapa kali ke Palembang.

Menurut Asep, biasanya pasokan barang kebutuhan akan terus meningkat hingga dua bulan kedepan. “Pengiriman barang akan terus meningkat. Bahkan dua kali lipat dari September karena para pengusaha mengejar stok untuk Natal dan Tahan Baru,” tambahnya.

Humas PT ASDP Indonesian Ferry Cabang Merak, Mario S Oetoma mengatakan, penumpukan truk yang terjadi di Pelabuhan Merak ini disebabkan meningkatnya aktivitas pengiriman barang ke Pelabuhan Bakauheuni. “Itu sih biasa, mulai Kamis hingga Sabtu, pengiriman barang ke Sumatera memang meningkat. Itu bisa dilihat dari beberapa bulan terakhir kondisi memang seperti itu,” ungkapnya.

Meski demikan, kata Mario, pihaknya tetap mengantisipasi agar antrian kendaraan tidak semakin meluas. PT ASDP Merak akan memaksimalkan pengoperasian kapal serta mempercepat waktu bongkar muat. “Jumlah kapal Ro-ro yang dioperasikan saat ini sebanyak 26 unit,” tegas Mario. (haryono)