Sunday, 23 September 2018

Deschamps Kecewa, Prancis Menang Tipis Atas Finlandia

Sabtu, 8 September 2012 — 11:08 WIB
diaby

HELSINSKI (Pos Kota) – Pelatih Perancis, Didier Deschamps kecewa setelah tim ‘Ayam Jago’ Prancis, hanya mampu meriah kemenangan tipis pada laga perdana Grup I kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa di Olympiastadion, Helsinki, Sabtu (8i/9) dinihari WIB. Adalah Abou Diaby yang mencetak satu-satunya gol untuk memenentukan kemenangan Prancis atas taun rumah Finlandia dengan skor 1-0 dalam laga itu.

“Secara umum kami tidak bermain dengan baik di awal pertandingan. Kami memiliki beberapa peluang di babak kedua, tapi ada dua penyelamatan gemilang dari kiper Finlandia. Ini cukup menyedihkan. Di akhir, kami malah dalam situasi bahaya. Ketika kami tak mencetak gol kedua, maka artinya tak aman,” kata Deschamps mengulas jalannya pertandingan pada laga itu seperti dilansir M6, usai pertandingan.

Bermain di kandang lawan, Prancis yang tampil dengan formasi 4-4-2, menempatkan duet Karim Benzema dan Jérémy Menez di lini depan. Meski mampu mengusai jalannya pertandingan kedua bomber Prancis itu kerap gagal menyelesaikan sejumlah peluang yang tercipta sejak awal laga. Gol justru tercipta lewat Diaby yang diproyeksikan Deschamps di lini tengah pada laga itu. Diaby berhasil memanfaatkan kelemahan lini belakang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan terobosan Benzema pada menit ke-20.

Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk  keunggulan Prancis yang bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Prancis tampil lebih agresif untuk berusaha menggandakan keunggulan. Namun keasyikan menyerang, Prancis justru lupa dengan pertahanan. Berkali-kali Finlandia nyaris menyamakan kedudukan dengan menciptkan sejumlah peluang emas di penghujung laga.

Beruntung, Berkat kesigapan Hugo Loris di bawah mistar gawang, kiper Tottenham Hotspur itu berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Walhasil, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga laga usai. Hail itu membawa Prancis sukses memimpin Grup I dengan tiga angka, bersama Georgia yang juga menang 1-0 atas tamunya Belarusia, berkat gol sematawayang Tornike Okriashvili pada menit ke-51.

Akibatnya, Belarusia dan Finlandia harus puas berada di posisi terbawah tanpa angka. Pada laga selanjutnya, Rabu (12/9) dinihari mendatang, Prancis bakal menjamu Belarusia, sementara Georgia menjamu Spanyol yang sukses menggilas Arab Saudi 5-0 dalam laga ujicoba internasional pada hari yang sama.

(junius)

Foto Reuters