Pemilu 2014, PDI-Perjungan Yakin Menang

Sabtu, 8 September 2012
iluspemilu

JAKARTA (Pos Kota) –Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) makin yakin setelah masuk tiga besar berdasarkan survei yang diadakan Charta Politika. PDIP yakin menang dalam Pemilu 2014 mendatang.

“Kami makin mantap menghadapi Pemilu 2014 dan optimis akan menang dalam pemilu nanti,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani saat diskusi dengan Direktur Riset Charta Politika Yunarto Wijaya, di Gedung DPR, Jumat (7/9).

Besarnya pemilih mengambang (swing voters) sebesar 34,4 persen dari pemilih nasional, kata Puan, harus mendapat perhatian PDIP. “Hasil survei juga akan menjadi perhatian dan kajian,” katanya.

Seperti diketahui, PDIP selalu berada di posisi tiga besar peraih suara besar pada Pemilu mendatang bersama dengan Golkar dan PD. Berdasarkan rilis survei Charta disebutkan 3 partai pemenang 2009 masih mendominasi yakni Golkar 18%, Demokrat 12,5% dan PDIP 10,8%.

Peneliti Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan pihaknya meyakini pola hasil survei selama ini takkan berubah, dimana PDIP menjadi tiga besar partai pemenang pemilu. Dia mengakui ada fenomena menarik dengan penurunan suara PD dan Golkar yang selama ini mendapat suara tertinggi. “Di sisi lain suara PDIP tetap tagnan dan tidak mendapat limpahan dari penguarangan suara PD maupun Golkar.”

Yunarto menilai, tidak adanya suara PD yang masuk ke PDIP disebabkan belum ter-revitalisasinya figur Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati sebagai magnet. “Harus dipikirkan apakah Mega bisa jadi magnet atau justru beban,” ujarnya. “Yang pasti PDIP harus memperhatikan pemilih pemula.”`(us/r)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.