Wednesday, 29 March 2017

Pemilik KTP Tangsel Gratis Berobat di Puskesmas

Senin, 10 September 2012 — 15:57 WIB
kesmastang109

PAMULANG (Pos Kota) – Terhitung September 2012 ini seluruh warga Kota Tangerang Selatan (tangsel) yang memiliki KTP setempat mendapatkan pelayanan gratis di seluruh Puskesmas yang ada. Warga berharap rencana dan program tersebut hendaknya jangan hanya umbar janji saja.

“Kami tentunya senang jika biaya berobat di Puskesmas terdekat gratis asalkan bukan omong doang,” kata Ny. Kunto, warga Pamulang, Kota Tangsel, Senin (10/9).

Menurut dia, masalah biaya berobat gratis sebetulnya sudah menjadi salah satu program dan janji Walikota Tangsel saat kegiatan pemilihan waktu itu tapi kemungkinan baru terlaksana bulan ini.

Masalah pengobatan gratis di Puskesmas, ditegaskan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didamping Kepala Dinas Kesehatan setempat, Dadang M.Epid dan Kabag Humas setempat Azhar S, Senin (10/9). “Tak ada yang dikenakan punggutan alias gratis bagi warga yang ingin berobat di Puskesmas,” tuturnya.

Program itu, tambah Airin Rachmi Diany, sudah berlaku sejak September 2012 ini sesaui dengan surat pemberitahuan No. 441/0258/Dinkes/V1/II/2012 kepada seluruh pengelola Puskesmas yang berjumlah sekitar 25 unit di Kota Tangsel.

Kadis Kesehatan Dadang M, mengatakan tak hanya surat edaran saja tapi penggratisan pelayanan di puskesmas dilengkapi dengan surat peraturan walikota (Perwal) yang proses pengesahan lembaran daerahnya hampir selesai ditangani.

Mengenai adanya informasi puskesmas memunggut biaya di wilayah Serpong kepada salah satu warga atau pasien yang berobat, tegas Dadang M, sama sekali tak betul. “Kebetulan pasien atau warga yang bersangkutan bukan warga Kota Tangsel dan ini tentunya semua juga diberlakukan di puskesmas daerah lain.” (anton)

Teks : Mahasiswa pernah demo minta pelayanan kesehatan di Tangsel ditingkatkan