Friday, 16 November 2018

342 Rumah di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

Selasa, 11 September 2012 — 21:06 WIB
ilus342

BOGOR (Pos Kota) – Hujan deras disertai angin kencang melanda Bogor Senin malam mengakibtakan puluhan rumah rusak dan pohon bertubangan. Sedikitnya 342 rumah warga di Desa Sukamakmur dan Sukaraja, Kecamatan Ciomas atap rumahnya bertebaran dan tertimpa pohon.

Menurut Kasi Logistik Badan Penanggunglan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Aksomo, beruntung dalam kejadian ini tak ada korban jiwa dan luka-luka. Sedangkan dari 342 rumah warga yang rusak itu, 47 unit di antaranya rusak berat dan sisanya rusak ringan. “Sedangkan lokasi terparah melanda di empat RW di Kampung Beringin, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas” ujarnya. Selasa.

Bencana ini membuat pihaknya harus membagi konsetrasi penanggulangan darurat mengingat bencana gempa yang melanda di tiga desa Kecamatan Pamiajanan belum selesai ditangani. “Sebagian anggota kita kerhkan di daerah bencana puting beliung digbantu anggota tingkat kecamatan,” katanya seraya menyebutkann bantuan yang sudah dikirm baru sebatas makanan dan obat-obatan.

Kepala Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas Fachrurrozi mengatakan, korban puting beliung ini sebagian ditampug di rumah tetangga, kerabat dan musholah. “Sebagain juga memperbaiki atap rumahnya. Sedangkan bantuan belum logistik belum kami terima,” katanya.

Hujan lebat juga merobohkan belasan pohon dan rumah di Kota Bogor. “Selian merobohkan 12 pohon di Jl. Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, puting beliung juga merusak enam rumah di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat,” ungkap Ketua Koordinasi Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kota Bogor, Surya Kelana Putra.

Pohon-pohon yang tumbang itu sudah disingkira dari Jl. Paledang sedangkan para korban yang rumahany rusak akan segera diberikan bataun oleh Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Bogor. “Bnatuan logistik akan kitra kirim,” katanya. (iwan)