Buku ‘Batak Satu Abad Perjalanan Anak Bangsa’ Diluncurkan

Selasa, 11 September 2012
batak119

JAKARTA (Pos Kota) – Suku Batak dinilai turut memegang peranan penting dalam perjalanan bangsa Indonesia khususnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan proses pembangunan bangsa.

“Masyarakat Batak sejak dulu adalah pejuang. Itu terbukti dari keterlibatan mereka mulai dari Sumpah Pemuda 1928 hingga tersebarnya mereka dalam proses pembangunan saat ini,” ujar sejarawan UI, Harto Juwono dalam bedah buku ‘Batak Satu Abad Perjalanan Anak Bangsa’ karya Dr. Ir. Bisuk Siahaan, di Jakarta, Selasa. Turut hadir, Ketua Umum DPP Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Henry Pandapotan (HP) Panggabean.

Menurut Harto Juwono, masyarakat Batak banyak yang duduk pada level pemerintahan eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Bahkan, ada beberapa yang jadi duta besar di sejumlah negara. Dia berharap, peran suku Batak ini dapat ditularkan pada generasi muda masyarakat Batak dan suku lainnya, sehingga terjadi ikatan emosional terhadap bangsa dan negara. terjaga.

HP Panggabean menambahkan, peran signifikan yang diambil masyarakat Batak tidak lepas dari rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa Indonesia. ”Kami juga memiliki etika moral yakni saling menghormati, menghargai dan peduli pada sesama,” ujar Panggabean.

Harto Juwono menambahkan, buku ‘Batak Satu Abad Perjalanan Anak Bangsa’ menceritakan fase-fase kehidupan orang Batak sejak zaman prasejarah sampai dengan masa terkini. Juga dilengkapi foto-foto era tahun 1800 dan 1900 an, serta pengetahuan tentang asal muasal Danau Toba sebagai ‘sentral’ kehidupan masyarakat Batak.

Ironisnya, tidak satupun foto zaman baheula yang masih hitam putih tersebut menampilkan orang-orang Batak yang tersenyum. Selain bersedih, yang menonjol adalah tampilan kekerasan hidup yang tergambar di wajah mereka. Dan sangat kontras dengan orang-orang bule di sebelahnya (era kolonialisme). (aby)

Teks :Penulis buku ‘Batak Satu Abad Perjalanan Anak Bangsa’ Dr. Ir. Bisuk Siahaan (kiri) menjelaskan kronologis pembuatan bukunya didampingi sejarawan UI, Harto Juwono di Jakarta, Selasa.

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.